About these ads
jump to navigation

Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! Juni 28, 2015

Posted by cicakkreatip in : otomotif, pengetahuan, teknologi, Tips Motor, video otomotif, yamaha , trackback yamaha jatim diagnostic tool

technology ycct yamaha

Bagi kita mungkin teknologi injeksi di R2 sudah sangat menarik sekali untuk dipelajari, namun perlu diketahui, diluar sana sebenarnya masih banyak sekali teknologi teknologi hebat yang pernah dibuat manusia, seperti teknologi Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) yang cicakkreatip bahas kemarin (disini artikelnya…). Untuk teknologi yang kita pahami kali ini adalah teknologi yang digunakan di kendaraan superbike Yamaha, seprti Ya,aha YZF R1, R6 dan V-Max.

 Mengenal teknologi YCC-T Yamaha YZR-M1…!! Teknologi hebat juga nih…

Teknologi ini merupakan teknologi yang diapliaksi pada sistem pemasukan, yang mana Yamaha sendiri menamakan teknologi ini dengan sebutan Yamaha Chip Controlled Intake atu disingkat dengan YCC-I. Sangar dan menarik sekali teknologi ini untuk dibahas!! pasalnya mungkin pembaca cicakkreatip diluar sana juga masih belum pernah tau akan teknologi pemasukan yang diterapkan di moge Yamaha ini, maka dari itulah kita bahas bersama sama disini, setuju ya..?? ❓ Membacanya jangan terburu buru, kalau enggak ada waktu mending ditutup saja…percuma cicakkreatip yakin kalau terburu-buru ilmunya enggak bakal nyanto!!

▪ PENERAPAN TEKNOLOGI YCC-I

Pertama, kita bahas sejarahnya dulu. Teknologi Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I) Ini pertama kali diluncurkan tahun 2007, dimana motor dengan produksi massal Yamaha yang memakai YCC-I adalah Yamaha YZF  R1 dengan diikuti oleh YZF R6 di tahun 2008 dan selanjutnya diikuti juga Yamaha V-Max tepat tahun 2009.

▪ KERJA UTAMA TEKNOLOGI YCC-I

Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I) ini memiliki peranan sebagai pengubah panjang pendeknya saluran intake, atau saluran masuknya udara menuju ke ruang bakar yang mana pergerakannya dilakukan oleh sebuah servo motor dengan penyesuaian bukaan throttle dan putaran mesin. Dengan penyesuaian perubahan panjang pendek saluran udara yang masuk, hal ini membuat sistem pemasukan udara lebih optimal baik itu di putaran rendah menengah dan putaran tinggi.

Yamaha-YZF-R1-YCCI

▪ KENAPA PANJANG PENDEK SALURAN HARUS SESUAI??

Putaran mesin rendah, pastinya kecepatan udara yang masuk ke ruang bakar juga rendah, jika putaran mesin tinggi, kecepatan udara yang masuk harusnya juga tinggi. Maka dari situlah perlu teknologi YCC-I jika ingin tekanan udara baik putaran rendah atau tinggi kebutuhan asuapan udara bisa masuk dengan tepat.

Sebenarnya pada motor harianpun sudah bisa ditebak, motor ini dengan karakter putaran bawah yang baik, atau putaran atas yang baik. Hal ini bisa dilihat pada panjang pendeng belalai atau aliran udara dari filter menuju ke karburator ataupun throttle body bagi yang sudah pakai injeksi.

Cara Membaca Kedipan Kerusakan di Speedometer Motor Injeksi…!!

Jika panjang, berarti sudah bisa ditebak, motor ini mantep di rpm menengah ke bawah, jika pendek sudah pasti jos giandos di putan atasnya. Lah kok bisa… ❓ prinsipnya sama seperti YCC-I gelombang tekanan udara juga dipengaruhi oleh panjang pendeknya saluran intake. Berikut penjelasan lebih detail mengenai panjang dan pedek saluran…!!

high speed ycct yamaha

▪ PUTARAN RENDAH PAKAI SALURAN PANJANG

Ada saluran panjang dan pendek, kebetulan saluran panjang dibuat untuk putaran rendah. Kenapa demikian?? hal ini tidak lain karena disaat putaran rendah, pergerakan piston ke TMA dan TMB juga butuh waktu yang lama, otomatis gelombang tekanan udara harus mengimbangi dengan waktu yang lama pula, dengan cara apa? dengan cara aliran udara dibuat lebih panjang yang harapannya tidak lain lagi supaya tekanan udara yang masuk ke ruang bakar bisa pas dengan pergerakan piston diwaktu langkah hisap.

low speed ycct yamaha

▪ PUTARA TINGGI PAKAI SALURAN PENDEK

Kebalikan dari putaran rendah ya?? dikala putaran tinggi, dengan diimbangi pergerakan piston yang semakin cepat, maka konsumsi udara yang harus masuk ke dalam ruang bakar juga harus cepat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka saluran pemasukan yang semula panjang, sekarang dipotong dengan cara sambungan atau corong bergerak ke atas. Hal ini membuat saluran pemasukan terpotong jadi pendek, dan menyebabkan udara yang dihisap mesin bukan hanya lewat melalui ujung corong saja, melainkan dari tengah tengah corong yang terbuka sambungannya juga dilewati udara. Jelas kan??

▪ PERUBAHAN SALURAN PANJANG KE PENDEK

R1-2007-YCCI

Gambar bergerak diatas merupakan kondisi YCC-I ketika bekerja. Perubahan panjang pendek itu dikarenakan adanya pergerakan naik turun dari saluran intake (corong) yang pergerakannya dilakukan oleh servo motor sesuai dengan peritah engine control unit (ECU), pergerakan naik turun atau membuka dan menutup gerakan-nya membutuhkan waktu ± 0,3 detik.

Pengertian Sistem Injeksi…. Pertama kali diterapkan dimana? 

Mungkin gambar diatas enggak kelihatan ya posisi panajng apa pendek itu bedanya dimana…manasih detai gambar kalau corong naik, bagi yang masih penasaran..lihat saja gambar dibawah ini.

Yamaha-YZF-R1-YCCI

Gambar diatas merupakan contoh saluran pendek, disebut demikian karena corong naik keatas sehingga ruang dibawah corong pas ditengah tengah terbuka (corong terpotong). Corong yang semula panjang, kini berubah menjadi pendek, hal ini membuat pemasukan udara semakin cepat karena alur masuknya udara menjadi pendek. Udara yang semula masuk melalui ujung corong paling atas, kini bisa masuk melalui gap tengah corong yang terbuka.

diagnostic tool

Sedangkan untuk saluran panjang kebalikannya (Gbr. diatas), corong bergerak kebawah, celah di tengah tertutup, sehingga udara hanya bisa masuk melalui ujung corong, hal ini menyebabkan kondisi aliran udara semakin panjang. Untuk memperjelas penjelasan diatas, ni cicakkreatip juga kumpulkan video pendukung, video pertama menunjukkan tekanan udara masuk ke dalam ruang bakar yang kurang tepat. Bisa dikatakan enggak memakai YCC-I 😀  amati gelombang tekanan yang masuk, gelombang tekanan garis berwarna biru…

Hp klik disini…

Contoh kedua tekanan udara masuk ke ruang bakar dengan kondisi yang tepat!! hal ini diibaratkan sudah memakai teknologi YCC-I

Hp klik disini…

Gimana…sudah bisa menangkap mengenai teknologi yamaha chip controlled Intake ini ❓ wes enggak usah buru buru memahaminya, jika kurang jelas silahkan dibaca dan dinalar baik dari penjelasan diatas atau melalui video yang ada. Jika masih belum paham, hayo dibahas bersama sama di kolom komentar – cicakkreatip.com

Sumber pendukung : youtube John Paulsen, www.motoplanete.com, www.yamahapart.com, www.motorcyclenews.com, www.yamaha-motor.eu                 

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

                                                            

About these ads

Komen via akun Facebook....

diagnostic tool

Komentar»

1. gilaroda2 - Juni 28, 2015

Mungkin prinsipnya mirip dgn 2tak, tp yg berubah ubah di exhaustnya…

cicakkreatip.com - Juni 28, 2015

Kalau du dua tak teknilogi katup di kenalpot, excup….

2. Om Puns - Juni 28, 2015

Brati yg manjang mendek itu bukan manifold tapi congor seblm throttle ya ?

cicakkreatip.com - Juni 28, 2015

Betul….corong sebelum throttle body…corong setelah air filter…!!

Om Puns - Juni 28, 2015

Wah… bisa tuh dibikin mekanis macam kips …. mayan bwt bahan iseng

cicakkreatip.com - Juni 28, 2015

bisa juga…. 😀 bikin di motor harian, pakai manual…. 😀 teknologi ycc-i rasa lokal 😀 😀

3. Ducati Go Best Surabaya Bisa menjadi rujukan ukur perfoma sport 250cc dan Moge di Jatim..!! | cicakkreatip.com - Juni 28, 2015

[…] ▪  Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

4. danisubject - Juni 28, 2015

kayak vtec bedanya di saluran udara .. gimana yak kalo motor vtec paduan ycc-i keren pasti 😀 apalagi auto db killer 😀 ngacirrrr

5. Seting Nilai CO pada motor injeksi sebenarnya efeknya apa? Yuk dibahas bareng… | cicakkreatip.com - Juni 29, 2015

[…] Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

6. Motor baru yamaha tambah lagi, kini ada 5 kode model baru!! ada MT 150cc kah?? | cicakkreatip.com - Juni 30, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

7. Tipe busi Resistor dan tidak..?? Ingat…beda di kode dan beda aplikasinya di Motor..! | cicakkreatip.com - Juli 6, 2015

[…] • Teknologi hebat…Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

8. Ganti Busi Resistor dengan busi Non Resistor pada motor Injeksi…hati2 efek sampingnya..!! | cicakkreatip.com - Juli 10, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

9. Komplain Konsumen: Tamparan Buat layanan Ahass di Cirebon… | cicakkreatip.com - Juli 20, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

10. Komplain Konsumen Honda Vario 150 eSP: Tamparan Buat layanan Ahass di Cirebon… | cicakkreatip.com - Juli 20, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

11. Aplikasi powerbomb di Knalpo Xride…!! Tenaga rpm bawah makin galak… | cicakkreatip.com - Juli 27, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

12. Bersihkan speed sensor secara teratur..! terutama yang memakai rem ABS… | cicakkreatip.com - Juli 29, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

13. Ini dia Detail ubahan New Kawasaki D-Tracker…!! | cicakkreatip.com - Agustus 4, 2015

[…] Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

14. Shell Lubricants..kenalkan teknologi Shell Advance Ultra With PurePlus di Surabaya..! | cicakkreatip.com - Agustus 9, 2015

[…] • Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

15. Minggu depan Yamaha launching YZF R1M & YZF R1 di Indonesia..! | cicakkreatip.com - Agustus 17, 2015

[…] Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]

16. All New YZF-R1 & YZF-R1M launching di Indonesia..!! Harga Spesial banget… | cicakkreatip.com - Agustus 24, 2015

[…] Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!! […]



%d blogger menyukai ini: