yamaha jatim
yamaha jatim

test dyno yamaha nmax
Jurnalis Tabloid OtoPlus Abbas

Mengetahui kemampuan motor dengan aman, diatas mesin dynotes kerapkali penyemplak kendaraan R2 mengukur kemampuan tunggangannya. Bagi pengguna skutik baru Yamaha N-Max 155cc, jika ingin test dyno, perhatikanlah hal dibawah ini, pasalnya jika langkah yang ada di bawah tidak dilakukan, maka jangan harap bisa mengetahui kemampuan puncak dari motor ente… :mrgreen:

Kejadian putaran mesin terputus di 100 Km/jam?

Radak aneh opo enggak :mrgreen: Yamaha N-Max dilengkapi dengan sensor speed, sensor tersebut ada di roda depan dan belakang, sensor tersebut hubungannya sama sistem pengereman anti lock baraking system (ABS) yang terpasang di N-Max. Selain hubungannya sama ABS, terutama sensor yang ada di roda depan juga sebagai sensor speed (kecepatan motor yang tertera di speedometer).

moladin

rem ABS

Dari pembacaan sistem FI yang ada di Yamaha N-Max, aktualnya, apabila roda sudah berputar di aspal namun tidak ada inputan sensor speed masuk ke engine contol unit (ECU) maka dikala melewati kecepatan 100 Km/jam setidaknya ada pemutus rpm yang aktif (terasa 100 Km/jam motor langsung terputus rpm-nya).

▪ Ganti Shock Belakang Yamaha Nmax dengan punya Xride..!

Kondisi diatas dapat kita jumpai jika sensor kecepatan N-Max di roda depan mengalami kerusakan, dan kondisi diatas juga bisa kita jumpai dikala mau melakukan tes motor diatas mesin dyno, dikala kita tes motor, roda depan dalam kondisi diam, sedangkan roda belakang akan berputar menggilas roller, ECU tidak mendapat inputan speed (lihat saja angka digit speed yang ada di speedometer, pasti memperlihatkan angka “0” saja, meski aktualnya roda sudah berputar kencang).

Tips supaya bisa diukur pakai mesin Dynotes?

Hal ini mungkin sepele, tapi kalau sampeyan enggak tau yo bisa saja dibuat pusing pala barbie 😛 lah sepele tapi ngefek. Terus gimana untuk mengatasinya? cara agar bisa membuat rpm tembus sampai angka limit muncul tidak lain lagi dengan merangkap sensor speed.

test dyno yamaha nmax1

Ya…sensor speed ada 2, ada di roda depan dan belakang, namun yang dibuat acuan ECU untuk membaca kecepatan motor yang dikeluarkan di speedometer adalah sensor yang ada di roda depan, roda depan enggak berputar, enggak apa apa, diakali saja dengan menggandeng sensor speed kedua roda depan dan belakang 😀 (Gambar di atas..)

Peralatan yang dibutuhkan…

Untuk bisa menggandeng sensor depan dan belakang, kita perlu dua kabel dengan ukuran yang disesuaikan sama jarak sensor roda depan dan belakang. Untuk menyambung kabel, kita enggak perlu melukai kabel sensor dengan memotong-nya, namun kita pakai trik simpel saja, cuma perlu jarum pentu atau cemiti yang biasanya dipakai kaum hawa untuk berhijab.

Penjelasan teknologi VVA Yamaha Nmax beserta Keuntungannya!

Ambil 4 jarum, setelah itu tusuk kabe sensor yang jumlahnya ada dua dengan jarum yang ada, satu kabel satu jarum. setelah selesai, barulah kita sambung kabel dengan melilitkan kabel ke jarum yang sudah nancap tadi. Hal ini membuat sensor speed depan dan belakang sudah jadi kesatuan, meski sensor depan enggak mengeluarkan output speed ke engine contol unit (ECU) karena roda depan kondisinya diam, setidaknya ECU tetap dapat inputan speed dari sensor roda belakang 😀

Impressi Pertama Ketika Merasakan Rem ABS Yamaha Nmax..! Begini to…

Okey..kalau sudah tinggal di test, betot dulu grip gas sampai roda belakang berputar, jika angka speed di speedometer tidak berubah, maka acara sambung menyambung sesor yang sampeyan lakukan tidak berhasil (cek kabelnya lagi) namun jika speedometer jalan, maka sukses deh sambungan sampeyan, wes tinggal ngegas mentok Rekkk…!! dijamin rpm akan normal. Semoga bisa menambah wawasan… :mrgreen: – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here