yamaha jatim yamaha jatim

bro hans arek honda hdiag

Seperti janji kang Majid kemarin, di artikel ini kang Majid akan mengupas tuntas cara pemakaian Diagnostic Tool Honda Versi android buatan Iquteche. Untuk bisa menggunakan diag versi android ini ada dua perlengkapan yang harus kita sediakan, dimana yang pertama kita harus punya perangkat lunak berupa aplikasi diagnostic versi android, untuk aplikasi ini bisa langsung kita unduh di Google Play dengan nama Hdiag.

Setelah aplikasi terinstal di perangkat android kita masih belum bisa menggunakan perangkat ini, masih ada satu perangkat lagi yang harus tersedia, dimana perangkat tersebut adalah adapter interface. Komponen berbentuk persegi dengan bungkus alumunium yang tugasnya sebagai penhubung sistem FI dengan aplikasi android. Baca juga : Diag Tool Honda Versi Android buatan Iquteche diburu Bengkel Resmi dan Umum!

annurga motor moladin

interface bluetoth webdiag tool android equetechesoket interface bluetoth h-diagweb

Media penghubung handphone dengan adapter tidak memakai kabel semacam USB, melainkan sudah menggunakan media Bluetooth dengan PIN yang berbeda beda tiap adapter. Untuk perangkat adapter ini bisa kita dapatkan melalui reseler HDiag dengan harha 2,5 jtaan. Setelah dua bahan di atas sudah komplit, baru kita bisa mengoperasikan perangkat diag versi android ini, berikut cara caranya mulai dari mengunduh aplikasi, menghubungkan perangkat adapter dengan handphone serta mengoperasikan menu menu yang ada, silahkan diikuti penjelasannya ➡

Screenshot_2015-03-22-11-16-070

1. Langkah pertama, Download dan Instal aplikasi yang sudah diunduh di Google play ➡

interface bluetoth web2

2. Pasang adapter interface pada soket diagnostic tool, soket tersebut juga digunakan pada diag versi pocket

3. Setelah terpasang, baru buka aplikasi HDiag di handphone, dan nyalakan main switch (kunci kontak ON)

Screenshot_2015-03-22-11-22-19

Kondisi ini adalah proses pencarian Bluetooth interface, perangkat bluetooth handphone kita akan secara otomatis mencari alamat bluetooth adapter. Setelah ketemu, barulah muncul tampilan input PIN seperti yang ada diatas

4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan keyword empat digit berupa angka, dua angka depan kita isi 12, dua angka selanjutnya kita isi angka yang tertera di tampilan atas

Screenshot_2015-03-22-11-15-50

5. Setelah selesai barulah tampilan aplikasi terbuka dan tentunya antara interface dengan handphone kita sudah terkoneksi dan akan muncul empat pilihan menu yang bisa kita pakai, diantaranya menu yang kang Majid kasih angka satu diatas.

Screenshot_2015-03-22-11-22-194

Menu pertama tersebut sebagai menu pilihan nama kendaraan yang disesuaikan dengan motor yang mau kita diagnosa pakai diagnostic android ini, centang salah satu sesuai motor. loh misalkan ada produk baru bagaimana? jangan khawatir, tiap ada motor baru apliaksi secepatnya langsung di update, jadi aman…pemakai diag ini bisa mengupdate apliaksinya langsung 😀

Screenshot_2015-03-22-11-23-30

Untuk menu selanjutnya, menu yang ke dua…menu ini memunculkan tampilan awal yang simpel, dimana ada tampilan putaran mesin, sensor posisi bukaan throttle (throttle position sensor), thermo sensor, voltase battery serta beberapa komponen sesor lainnya. Untuk menu yang ke dua ini cuma memperlihatkan kerja daripada sensor sekilas saja, jika mau data yang lebih jelas maka kita bisa bergulir ke menu selanjutnya (menu nomer tiga).

Screenshot_2015-03-22-11-23-12

Menu nomer tiga ini merupakan menu yang menampilkan data data berupa angka, dimana menu ke tiga ini dibuat mendiagnosa trobel dengan memantau data berupa nilai yang diperlihatkan layar ketika mesin dalam kondisi bekerja, data yang menyimpang dari standar maka sudah bisa dipastikan bahwa terdapat masalah pada komponen yang bersangkutan. Lag…misalnya ada kerusakan apakah harus analisa dulu? harus dong, harus jika kerusakan yang ada merupakan komponen non sensor, atau komponen sensor yang kerusakannya enggak 100% istilahnya itu setengah mati, biasanya hal ini enggak terbaca langsung oleh diag, baik versi android maupun pocket, makanya perlu analisa.

Itu kalau kerusakan yang butuh analisa…kalau kerusakan memang benar benar rusak 100% seperti contoh simulasi saja, sensor suhu mesin (thermo sensor) kang Majid lepas dari soketnya, hal ini membuat tidak ada sinyal yang dilaporkan ke ECU, sehingga terbaca kondisi thermo sensor mengalami kerusakan, pada menu ke empat ini akan muncul kode dari sensor suhu tersebut, yang artinya ada masalah pada sensor tersebut.

hdiag

Selain menampilkan kerusakan, menu ini juga bisa dibuat untuk mereset atau menghapus kode kerusakan, dimana dengan menekan hapus DTC maka kerusakan akan terhapus dari history, tetapi sebagai catatan…kerusakan bisa dihapus apabila kerusakan yang ada telah diperbaiki.

Wes…selesai sudah, simpel dan sangat mudah kan pemakaiannya ❓ pastilah…pasalnya memang dibuatnya diag ini ditunjukkan bagi bengkel baik umum atau resmi yang menginginkan kemudahan dalam pemakaiannya, jadinya pengunaannya dibuat sesimpel mungkin :mrgreen: Gimana kang bro..? berminat untuk nyeting motor sampeyan pakai android ❓ silakan diorder kalau berminat, bisa melalui kang Majid atau bro Han’s selaku distributor HDiag. Wes yo misalnya ada yang ditanyakan, monggo bisa komentar dibawah. (cicakkreatip)

Contact pembelian ➡

  • BBM   : 5CEC5AAC
  • WhatsApp  / Telp / SMS : 085733637733
  • Email : adm.cicakkreatip@gmail.com
  • Pembelian lewat Bukalapak.com klik DISINI…  
  • Pembelian lewat  Tokopedia.com klik  DISINI…

41 KOMENTAR

  1. Mohon maaf ni kang Majid, saya mau tanya, berdasarkan hasil screen shot diatas terlihat cuma daftar sepeda motor Honda saja, terus bagaimana dengan pabrikan yg lain? Seperti yamaha kawasaki suzuki, apakah bisa?
    Trims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here