yamaha jatim yamaha jatim

cara setingan rpm mio m3-4

Punya motor injeksi? kalau punya kira kira sudah ngerti belum cara seting rpm idlingnya? niah kalau ada yang belum ngerti nih bagaimana cara seting rpm-nya, monggo disimak sedikit tips ringan dari kang Majid ini, kang Majid yakin hal ini bisa dilakukan setiap pemilik motor injeksi, pasalnya caranya mudah banget kok…

moladin

Seting rpm idling tentunya diharapkan bisa mempertahankan rpm mesin supaya bisa langsam meski handel gas tidak di tarik, setingan idling juga berpengaruh besar pada sistem pengisian battery motor, setingan yang terlalu kecil membuat sistem pengisian kurang maksimal, kebalikannya setingan yang terlalu besar, akan memicu konsumsi BBM yang lebih banyak (boros). Gimana cara seting rpm idling motor injeksi ❓ kali ini kang Majid menggunakan media motor injeksi baru Yamaha, motor matic Yamaha Mio M3 125 menjadi praktek setel idling motor injeksi kita kali ini. Hal yang harus disiapkan dalam seting idling kali ini adalah, obeng (+) untuk membuka cover penutup throttle body, obeng (-) panjang untuk seting baypass screw (baut penyetel).

▪ Langkah pertama hidupkan mesin sampai suhu kerja mesin tercapai, ± 72° c

posisi setingan rpm mim m3

▪ Penyetelan dilakukan dengan memutar bypass screw (BS) yang ada di throttle body, penyetelan bisa menggunakan obeng (-) atau bisa juga menggunakan tangan kosong! sperti dibawah ini…. ➡

cara setingan rpm mio m3-5

▪ Putar baypass screw ke arah kanan dan kiri untuk mengatur rpm idling, dengan catatan jika diputar searah jarum jam (arah kanan), posisi screw akan semakin masuk, imbasnya rpm akan turun. Sedangkan jika diputar berlawanan jarum jam (arah kiri) rpm mesin akan naik, pasalnya screw semakin membuka lubang udara di throttle.

posisi setingan rpm mio m3-2

▪ Rpm standart ± 1500-1700 rpm, pastikan idling ada di range tersebut…tunggu 10 detik setelah di setel, setelah itu cek rmp kembali dengan tachometer jika ada 😀

Seperti yang kang Majid bilang di awal tadi, giampang kan bro cara setingnya? kebanyakan penyetelan rpm idling motor injeksi sama persis dengan cara yang ada di atas, namun ada juga motor yang tidak menggunakan penyetel manual, dimana rpm idlingnya dikontrol langsung oleh Engine Control Unit (ECU) dengan memanfaatkan komponen Idling Speed Control (ISC). Sekian tips nya…ikuti terus ya tips dari kang Majid 😀 Monggo dikunya kunya dulu artikel nya, semoga berguna, apabila ada yang ditanyakan, monggo…kang Majid tunggu di kolom komentar dibawah. (cicakkreatip)

77 KOMENTAR

  1. masbro,
    obeng (+) untuk
    membuka cover penutup throttle body.

    covernya yang mana gan, body samping?
    soalnya di intip dari belakang udah kelihatan nih. udah bisa dijamah itu bypass screw.
    nuhun. :mrgreen:

  2. Kang..berarti kalo mio j ngga bisa disetting rpm nya sendiri ya kang.?n menyesuaikan rpm 1500 – 1700 selain berfungsi sebagai mmaksimalkan pengisian accu,ada lagi ngga kang fungsi lainnya.?

    Makasih…

  3. Gan kalo motor vario 125cc injeksi saya, stasionernya tiba-tiba besar sendiri kenapa ya? Saya terus terang jadi ngeri bawa motornya, soal pas berhenti rem harus terus ditekan, kalo tidak motor akan jalan sendiri.

  4. mas,kalo mioM3 ini bisa reset gak di mode D87(pengontrolan bahan bakar),soal nya bgitu pas ane colok pakai datalogger itu menu nya gak ada,bahkan itu cuma kluar no ny aja 87 ama 88 gak ada nm ny,,cara krja di mode 87 gak bisa d klik,versi software yg ane pakai 1.5.0.0 mohon pencerahan ny

  5. bang, kemaren say nemui mio m3 yang rpm langsamnya di bawah standart. kemudian saya stel baut bypass screw ke arah kanan atau kiri sama saja, rpmnya malah tambah turun. bagaimana itu bang?

  6. Saran saya :
    Minta bantu orang ahli dalam mensetting motor anda, atau paling tidak di dampingi oleh orang yang faham mengenai setting motor, agar tidak terjadi efek negatif pada motor anda.

  7. mas cicak,,,di mesin bluecore ini ad 2 mode kalo d diagnosa D88,,mode0 ama mode1,,itu utk ketinggian brp brp ya mas? kalo utk setting CO emank gak bisa,,

  8. Terima Kasih infonya..udah tiga bulan dari service mio im3 sendat2 seperti tidal kuat jalan…Alhamdullilah udah normal di Stel sendiri.

  9. Mas numpang tanya, motor saya honda beat f1 tahun 2013. Entah kenapa sekarang ini ngegas sendiri, padahal tali gas nya msh bagus. Kata teman saya, itu eror pada injektor nya dan harus diganti. Bisa gak ya mas diperbaiki sendiri? Karena harganya sangat mahal klo hrs diganti. Terima kasih dan saya tunggu balasan nya.

  10. Om bos, mio m3 ane knpa ya klo stiap turun gas dan langsung tancap gas mtor malah los gas, seperti bensin mw habis,,,,
    Busi dan filter udah sudah ganti, tpi ttep aja sama!
    Mhon infonya om bos

  11. Komentar:bagus informasi bro, bro ane mau nanya motor Mio M3 sodare ane mogok dan lampu indikatornya berkedip 5 panjang dan 5 pendek, kira2 apanya yang rusak?atas bantuannya makasih.

  12. Kalau nggak ada Tachometer, kira-kira berapa putaran ya om pada langsam motor Mio M3 ..? Terimakasih sebelumnya..

  13. Cara mngetahui hasil rpm ny gmn klo tnpa alat pngukur rpm ny….sy coba putar lmsang d mtor x ride 125,krn sy rasa bnsin ny boros..sy coba putar2 tp jd bingung krn sy ga tau,apa rpm ny udah pas untuk motor sy…krna ga tau untuk patokan rpm motor sy tu hrus brpa putaran lamsang….dr k kiri/kanan….klo misalny hrus 1500rpm jd putaran lmsang ny hrus brpa….

  14. Klo untk mio j.. gmn mas cara stel untuk turunin gasnya.. soal gas terlalu tinggi.. maaf mas saya ga ngerti istilah2 tentang motor..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here