yamaha jatim yamaha jatim

#gambar dari Google

Dikala musim hujan tiba, pastinya Kita para pemilik kendaraan bermotor haruslah melakukan perawatan secara ekstra, dimana disaat motor Kita dipaksa untuk melibas derasnya hujan…setidaknya hal tersebut akan berimbas pada kebugaran pada motor Kita, pasalnya air hujan sendiri mengandung asam yang bisa membuat motor Kita mengalami kerusakan.

moladin

Biar hal di atas tidak terjadi pada motor Kita serta supaya motor Kita tetap dalam kondisi prima, kang Majid ada sedikit tips merawat motor dikala musim hujan, dimana sedikit tips ini setidaknya bisa memperkecil resiko motor kesayangan kita untuk mendekati kerusakan yang diakibatkan oleh air hujan. Apa tisp-nya?? monggo diintip dibawah ini, Eitz..sebelumnya lihat yang bening dulu ya ➡

#gambar dari Google

Tips Pertama ➡

▪ Cucilah Motor Anda Setelah digunakan Berkendara

Setelah motor digeber di aspal dengan kondisi hujan, setidaknya sesampai ruma sebaiknya pemirsa mencuci motor kesayangan, meski cuma mengguyur saja hal ini sangat penting, yang mana Air hujan pasalnya mengandung asam, serta ketika melibas jalan pastinya lumpur akan nempel di bodu motor, ngak mau dong kalau motornya karatan??

▪ Bersihkan Rantai & Lumasi

Nag…ini nih yang ngak kala pentingnya, khususon pemakai motor manual yang masih menggunakan rantai, setelah melibas deranya hujan dan kondisi jalan yang becek, maka bersihkanlah rantai dari lumpur yang nempel, setelah itu baru lumasilah rantai motor pemirsa dengan pelumas rantai. Hal ini perlu sekali dilakukan mengingat air dapat menyebabkan korusi, ngak mau dong kalau rantainya terserang karat kuning??

😀

▪ Tips Berkendara disaat Hujan…! Penting untuk diperhatikan mas bro…!

▪ Cek Kondisi Busi

Yang dimaskud dengan cek busi di atas adalah Anda perlu sekali mengecek cup busi, cabut cop busi dan usahakan bagian dalam serta ujung luar busi dalam kondisi kering, misalkan terdapat Air, maka Kita bisa tiup atau membersihkan dengan memakai majud (kain). Hal ini perlu dilakukan karena apabila bagia cup busi basah, maka resiko motor mogok karena pengapian yang kurang maksimal akan Kita alami.

▪ Cek kondisi sistem pengereman

Pelu sekali Kita cek kondisi sistem rem, baik itu rem depan maupun belakang terutama yang paling penting rem jenis cakram (piringan) yang kondisinya terbuka. Cek piringan serta kampas rem dari kotoran semacam lumpur, bersihakan dengan Air jika perlu, pasalnya jika kotoran Kita biarkan nempel di bagian kampas, maka kodisi roda akan terasa berat jika berputar.
Tidak hanya itu…sifat lumpur juga bisa membuat daya pengereman yang Kita lakukan menjadi kurang maksimal, serta bisa juga membuat rem Kita bunyi cit…cit…cit. euh..ngilu suaranya Gan..!

▪ Bersihkan Knalpot..

Hal ini sama seperti membersihkan motor di atas, tapi sekali lagi kang Majid tekankan terutama di bagian knalpot terutapa di titik leher knalpot, banyak sekali Kita jumpai bagian leher knalpot sangat rawan terserang karat, hal ini juga bisa disebabkan karena adanya kotoran yang menempel.

Apabila motor Kita habis melibas banjir dan terdapat air yang masuk kedalam knalpot, maka Air yang masuk dikeluarkan sampai tuntas, posisikan motor dengan kondisi standar tengah dan usahakan bagian belakang lebih rendah dibandingkan bagian depan motor, hal ini supaya air bisa keluar semua…
Setelah air dirasa tuntas keluar, selanjutnya bagian dalam knalpot bisa Kita bisa di beri oli secukupnya, serta bagian leher bisa kita kasih grease, setelah itu baru kita panasi motor kurang lebih 5 menitan. Oh iya jika memasukkan oli kedalam knalpot jangan banyak banyak mas bro ya..? secukupnya saja, pasalnya jika kebanyakan malah bisa membuat ctalis didalamnya terbakar.

▪ Tips Memilih Tempat Parkir Aman dikala Musim Hujan..!!

▪ Bersihkan Kabel Body

Setidaknya jika setelah terguyur hujan, resiko terjadinya konsleting sangat besar, terutama bagi motor yang covernya di copot. Usahakan sebelum motor di parkir, kabel body yang ada di luar cover yang langsung terkontak dengan air hujan Kita bersihkan, kita lap pakai majun, jika perlu soket soket yang ada juga kita lepas dan di lap pakai majun atau pakai tekanan angin kompressor.

▪ Bersihkan Saringan Udara Jika perlu

Saringan udara harus bebas dari air, dimana saringan udara tuganya sebagai penyaring udara bukanlah air, cek kondisi saringan dari air, pasalnya jika air masuk ke dalam saringan udara atau lebih lebihnya ari tertampung di box saringan udara, maka resiko mesin mogok karena air yang ikut masuk ke dalam ruang pembakaran akan Kita jumpai, maka dari situlah setidaknya kita perlu mengecek kondisi perangkat filter udara.

▪ Periksa tekanan Ban

Kondisi ban patut juga Kita perhatiakn, pasalnya dikala musim hujan pastinya genangan air juga akan Kita jumpai, air didalam genangan to Kita ngak tau sudah tercampur dengan apa saja?? dimana mungkin nih ada tumbahan oli di jalan, ada bekas deterjen, minyak tanah dan lain sebagainya pastinya akan ikut terbawa dalam air genangan, nag zat zat yang ada tersebut bisa membuat karet ban menjadi keras dan getas, usia ban akan semakin pendek, maka dari itu diusahakan ban juga ikut di cuci mas bro…

Oh iya jangan lupa di cek juga tekanan angin pada ban mas bro ya..pasalnya hal ini juga berpengaruh sama keasusan ban, performa mesin, sama konsumsi BBM pada motor. ban yang kurang.

▪ Terakhir masbro…Cek dan Ganti Oli Mesin jika diperlukan

Maksudnya apa?? Setidaknya jika melibas hujan atau terpaksa melibas genangan yang tinggihnya sampai separuh as roda atau lebih, maka perlu dilakukan pengecekan oli mesin, dimana kemungkinan air menerobos masuk ke dalam mesin cukup besar. Jika didapati olei sudah bercampur dengan air huja, secepatnya lakukan penggantian, jika tidak…siap siap uang untuk perbaikan, biasanya sih kampas kopling terbakar karena slip, stang piston (connecting rod) bengkok, dan lain sebagainya.

Wokey..setidaknya tips di atas merupakan hal yang wajib Kita perhatikan dalam perawatan motor dikala musim hujan, monggo dikunya kunya dulu…dan semoga berguna 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here