yamaha jatim
yamaha jatim

penggantian oli mesin yang standart

Bro dan sis semua…kalau kita membeli barang baru baik itu berupa barang elektronik maupun non elektronik pastinya akan mendapat jaminang garansi, sepertihalnya kalau kita beli motor baru…pasti dong kita mendapat jaminan garansi. Garansi tenyata ada pengelompokannya, dimana seperti penjelasan di buku manual yang kita dapatkan saat membeli motor baru, garansi ada tiga kategori, dimana ada garansi dari segi Kelistrikan, Chasis, dan juga garansi Mesin.

Pada umumnya mesin sendiri merupakan pemegang garansi paling lama, pada umunya pabrikan menggaransi mesin motornya dengan rentang waktu 3 tahunan (30.000 km), tapi ada pula part tertentu yang garansinya selama 5 tahun (50.000 km). Bicara mengenai garansi tentunya setiap pabrikan mempunyai syarat dan ketentuan berlaku, yang mana semua itu telah di jabarkan dalam buku panduan pemilik motor (dibaca ya buku panduan service-nya).

moladin

penggantian oli mesin

Di garansi selama 3 sampai 5 tahunan, tapi garansi bisa saja kita hanguskan sendiri tanpa kita sangka…kejadian hangusnya garansi ini hubungannya sama perawatan berkala, hal ini biasanya masih banyak ditemui oleh pemilik motor baru ketika mau ganti oli mesin, cenderung menggunakan  oli dengan beragam merk. Lag…apa tidak boleh pakai oli merk  apapun…? Kan intinya servisnya rutin! Sebenarnya jawabannya sudah tertera di buku panduan untuk konsumen, jawabannya adalah jika memakai oli yang tidak di rekomendasikan oleh pabrikan (oli merk lain) maka hal ini bisa menggugurkan garansi motor kita, terutama garansi yang terdapat pada mesin.

Setiap pabrikan mempunyai oli rekomendasi masing masing, sepertihalnya oli resmi Yamaha adalah Yamalube, oli resmi Honda AHM oil / Federal oil dan lain sebagainya. Nag…jika kondisi motor kita masih dalam garansi, maka setidaknya kita turuti apa kata pabrikan, supaya apa…? Supaya garansi mesin pada motor kita tidak hangus pastinya 😀 baru setelah lewat masa garansi…kalau mau incip oli berbagai macam rasa monggo…tapi kembali lagi, oli yang baik adalah oli rekomendasi dari pabrik (IMHO) 😀 ada yang kurang  setuju…? 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here