yamaha jatim
yamaha jatim
yamaha jatim

bersihkan rem tromol

Bro dan sis…dikala musim huja tiba pastinya motor kita juga bakal mendapat sedikit sambutan hangat, sepertihalnya kisah seorang ibu ibu yang naik motor bebek yang satu ini, dia mengeluh saat menginjak pedal rem belakang kok ada bunyi cit..cit..ya…? ada apa bos…? 😀

Hal ini memang sudah biasa terjadi, dimana sering kali suara tersebut timbul karena adanya kotoran yang menempel di kampas rem, terutama yang masih memakai rem tromol. Hal ini bisa dikatakan wajar sekali…apalagi dikala musim hujan, air hujan yang masuk kedalam ruangan tromol telah mengikat kotoran atau debu yang imbasnya kotoran akan nempel pada kampas, hal ini akan membuat persinggungan antara kampas rem sama rumah rem (tromol) menjadi kurang sempurna, imbasnya terjadilah slip…slip tersebutlah yang menimbulkan suara decitan kayak tikus.

moladin

Kalau hal ini dibiarkan pastinya daya pengereman sewaktu kita injak pedal rem bakal kurang maksimal, dan tentunya bahaya juga bagi pengendara. Tidak hanya itu saja imbasnya…tiap kali menginjak pedal rem kan ada suara decita…pastinya juga hal ini membuat pengendara menjadi ngilu karena suara khas tesebut 😀

bersihkan kampas rem

Terus…gimana untuk menghilangkan suara decitan tersebut…? Giampang sebenarnya, imbas dari munculnya suara adalah kotoran yang menempel kampas rem, berarti zo kalau pingin ngilangin suaranya kita harus ngilangin kotoran yang ada, ya…kita bongkar remnya, dan kita bersihkan part yang ada kotorannya dengan memakai air sabun bisa, bensin bisa (tapi bensin mahal 😀 ), setelah itu barulah kita lap pakai majun kering. (kalau kotorannya sulit hilangnya, bantu pakai amplas halus).

bersikan tromol

Setelah selesai, dipasang semua komponennya, dan di coba deh….dijamin suara bakal hilang…. Selamat mencoba 😀 – cicakkreatip.com

kepala-halaman-up-date-2-agustus-2014-1

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

18 KOMENTAR

  1. mio j kampas rem belakang baru bunyi cit-cit, setelah jalan beberapa kilo baru bunyi, bongkar kelihatan kotor banget ane amplas trus cuci kampas dan tromol pakai sabun colek. jalan muter ga ada satu kilo bunyi lagi. apanya ya kampas palsu ato ane yang goblok ga bisa pasang. thanks

    • kilometer motor sih udah 5 digit 38726 km.

      ini ketiga kalinya kampas rem baru bermasalah, baru 2x nyoba pasang sendiri yang pertama yakin palsu karena kasar banget materialnya, yang kedua ga begitu yakin. ketiganya di beres pas masih gratisan. apa ada teknik khusus untuk pasang rem belakang, kyaknya klo terbalik juga kelihatan banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here