yamaha jatim
yamaha jatim

mesin blue core-cicakkreatip.com

Owalah ini to hehehe 😀 Nyimak blogger senior yang ada di kota besar Jakarta bro IWB, seperti yang di rilisnya… Kemarin tepat hari Rabu 29 Oktober 2014 pabrikan garputala telah mengenalkan sosok engine blue core di pagelaran Indonesia Motorcycle Show 2014, dimana kala itu pabrikan Yamaha Indonesia (PT YIMM)  telah mendatangkan sosok engineering secara langsung dari Jepang, engineering tersebut adalah Mr Kinoshita.

Apa sih keunggulan blue core itu? Intinya teknologi blue core ini akan dijadikan global platform engine oleh Yamaha, dimana mesin ini merupakan penyempurna dari mesin generasi sebelumnya (Ymjet-FI) yang mana bisa di bilang bahwa motor dengan teknologi blue core memiliki keistimewahan motor yang lebih Bertenaga, Edan tentunya Handal. Okey, sudah tau bukan garis besar nya? Nah sekarang kira kira apa sih kelebihan mesin dengan teknologi blue core secara detail nya? Silahkan di simak 3 hal penting penjelasan Pak Abidin (GM Service PT YIMM) yang kang Majid kutip dari bro IWB di bawah ini…

moladin

Kelebihan mesin dengan teknologi blue core :

  1. Meningkatkan efisiensi diruang bakar (increasing combustion efficiency)

Proses pembakaran disempurnakan sehingga bahan bakar lebih hemat, stabil dan efisien. Selain itu performa juga meningkat…..dengan perangkat-perangkat pendukungnya didapat dari menjaga suhu mesin lebih stabil…sistem rendah gesekan yang mengurangi kehilangan tenaga berlebih. Kisi-kisi silinder lebih rapat dan tipis serta oil jet piston cooler yang berfungsi melepas suhu panas di ruang bakar. Dikombinasikan dengan teknologi khas Yamaha berupa DiASil Cylinder dan forged piston yang diklaim 3 kali lebih awet dari silinder dan piston konvensional, 3 kali lebih kuat karena terbuat dari alumunium dan silikon dan 3 kali lebih ringan dari besi.

  1. Mereduksi kehilangan tenaga mulai dari piston dan seluruh komponen pendukung

Penyempurnaan meliputi bagian pengaturan katup dan bentuk komponen serta membuat ruang bakar lebih kompak. Alhasil blue core engine diklaim lebih minim gesekan didinding silinder, noise & vibrasi jauh berkurang dan output power terdongkrak

  1. Membuat supply bahan bakar terkontrol dan presisi

Yup…itulah beberapa kelebihan engine blue core yang akan dijadikan global platform engine untuk pasar Indonesia serta dunia oleh Yamaha. Walau belum dibuka gamblang…..Mio series disinyalir akan menjadi produk pertama yang menggendong mesin ini. (cicakkreatip)

 

11 KOMENTAR

  1. Kekurangannya : Walaupun keunggulannya jelas, tapi masih kalah laku dari matik sebelah yang ada tembaknya… Orang sini lebih pilih merk daripada teknologi….
    Salam BLETAK DUOOORRR…..

  2. Wah, perang teknologi ni di tahun 2015, soalnya Honda jga menerapkan teknologi ESP utk semua matiknya di thn 2015.. Sdng Yamaha mengandalkan Blue Core Engine. Yg jadi pertanyaan saya itu teknologinya buat matik saja atau buat non matik ya ? klau buat matik jadi sama dong seperti Honda..

  3. setau ane honda jauh hari udah make system ini, namanya low friction tecknology. Makanya mesin honda lebis senyap, bertenaga n rendah konsumsi bensin dari dulu. Menurut sy yamaha lebih invest ke tampilan dan bahan baku yg memang lbh berkualitas dibanding honda sedang honda banyak invest ke teknologi mesin. Mungkin nggak ya keduanya malah kedepannya terbalik dibidang investnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here