Cara Mengganti Oli Gear Motor Matic… Tanpa ke Bengkel Saya Yakin Anda Juga Bisa Melakukannya Sendiri..!!

22
3847
yamaha jatim
yamaha jatim

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiriBro dan sis semua…dalam perawatan berkala motor setidaknya ada beberapa hal yang tidak membutuhkan teknik dan skil khusus, dimana hal ini adalah masalah pengatian oli, yag…baik itu oli mesin ataupun oli gear (CVT) moto matik. Kali ini kang Majid mau kasih sedikit tips mengenai cara mengganti oli gear motor matik Yamaha, terutama Yamaha Mio Series, monggo disimak…

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri1. Siapkan seperangkat alat yang dibutuhkan dan juga oli gearnya, alatnya simpel kok, kita cuma membutuhkan tang dan kunci ukuran 12 (ring atau pas bisa semua).

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiriIMG_20140717_1026292. Siapkan nampan untuk menampung oli bekasnya, taruh di bagian bawah lubang penguras, posisi lubang ada dimana? Posisinya ada di bagian bawah CVT, lihat bagian bawah, ada kepala baut ukuran 12, itulah lubang pengurasnya.

moladin

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri3. Buka lubag penguras memakai kunci 12 secara perlahan, setelah itu baru buka bagian penutup oli yang ada di atas untuk mencegah kevakuman ruangan oli, supaya aliran oli yang keluar bisa lancar (penutup berwarna putih).

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri4. Setelah oli keluar semua sampai tetes terakhir 😀 barulah bro sis semua tutup kembali lubang penguras oli tersebut dan kencangkan kembali dengan kunci 12.

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri5. Isi oli dengan menuangkan secara langsung di lubang pengisian yang sudah dibuka, pengisian bisa dilakukan secara langsung dengan memotong ujung wadah oli yang runcing, segera masukkan oli sampai tetes terakhir, bila kesulitan dalam memasukkan oli, kita bisa memakai corong supaya oli tidak tumpah.

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri6. Setelah selesai mengisi, barulah kita tutup penutup dengan tangan, lah kok ngak pakai tang loh? saya kira pakai tangan saja sudah cukup kuat, pasalnya penutup oli terbuat dari plastic yang notabene tidak membutuhkan kekuatan yang tinggi untuk memasangnya (jika kurang yakin bisa menggunakan tang untuk pengencangannya). Ok sudah beres kita ganti oli gearnya…

Untuk jangka waktu penggantian oli gear dilakukan per 9000km, atau tiga kali ganti oli mesin, barulah oli gear di ganti. Lebih jelasnya untuk waktu penggantian oli gear bisa dilihat buku panduan servis masing masing.

Gimana bro sis, mudah bukan cara pengantiannya..? saya percaya dalam hati anda semua pasti mengangguk ngangguk, yaweslah kalau begitu silahkan di paraktekkan lansung, lumayan toh bisa ngirit biaya ke bengkel 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

22 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

%d blogger menyukai ini: