yamaha jatim
yamaha jatim

tiap-kali-motor-kita-masuk-bengkel-apakah-perlu-untuk-menyetel-klep-perlu-ngakBro dan sis…seiring dengan masa pakai kendaraan bermotor kita, baik R2 maupun R4, maka setidaknya perawatan berkala kudu rutin kita lakukan, dimana tak lain lagi hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan performa mesin pada kondisi primanya.

Banyak komponen mesin yang perlu di seting ulang pada rentang waktu tertentu, sepertihalnya penyetelan celah klep, dimana setiap kali kita servis motor, tak lupa mekaniknya menyetel klep motor kita. Nah..kira kira nih ya, menurut bro sis semua…tiap kali motor kita masuk bengkel apakah mekanik wajib atau Perlu Untuk Menyetel Klep..? Monggo dijawab sesuai opini masing masing…!!!

bengkelsepedamotor-feelergBerdasarkan pengalaman kang Majid sendiri, sebenarnya tiap kali motor di servis, tidaklah wajib untuk di setel celah klep, namun lebih tepatnya adalah mengecek celah kelep nya saja. Kenapa demikian..? kok tidak di setel langsung..? jawabannya sudah pasti, tidak semua kendaraan ketika di servis mengalami perubahan celah, dimana meski terdapat perubahan celah, kebanyakan celah tersebut masih dalam ambang standart pabrikan.

moladin

Terus kapan dong kita stel klepnya..? setelah dilakukan pengecekan dan didapati celah klep yang terlalu longgar atau sebaliknya (tidak sesuai dengan std pabrikan) barulah kita mengambil langkah untuk setel klep, jadi stel klep tidak secara langsung dilakukan karena status motor yang lagi servis saja, namun karena dari hasil pengecekanlah yang menentukan tindakan penyetelan klep.

Nah terus…kalau di bengkel ada motor baru tapi klep nya di setel itu salah dong..? nah kembali lagi, kalau emang celahnya melebihi standart pabrikan, maka wajib dilakukan penyetelan, namun jika masih std pabrikan, maka langkah pengecekan saja sudah lebih dari cukup.

Tapi bro…lah kan motor baru, pastilah 99% celah klep nya masih std, ya…kalu emang ada perubahan paling ya masih dalam ambang standart pabrikan, misalnya dalam kondisi motor yang baru ini si mekanik langsung mebabi buta setelan klepnya gimana dong bro…?

Hem…untuk hal ini kita boleh mempertanyakan knowledge dari sang mekanik, pasalnya emang betul, motor baru kebanyakan yang ada celah klep nya pastilah masih standart pabrikan, lah kenapa di setel..? toh malah buang buang waktu + malah bikin baut setelan klep motor kita jadi lecet saja…benar ngak bro 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

38 KOMENTAR

  1. Sampe sekarang ane belum pernah stel klep di jupi z padahal udah 5 taun 😛 , tp selama mesin enak dan tarikan maknyus ane belum akan stel tuh klep 😛 , takut stelan mekaniknya ga presisi aja 😀 ..
    Cuma ane ada pertanyaan aja kang apa ada ya hubungan kerenggangan klep dengan borosnya penggunaan bahan bakar?

    • siep..manteppp bro, kalau ngak ada masalah yo ora usa stel klep gpp.

      *apa ada ya hubungan kerenggangan klep dengan borosnya penggunaan bahan bakar?

      jawab: Sangat ADA BRO heheh, celah klep mempengaruhi konsumsi BBM juga, entar kang Majid jelasin lewat artikel selanjutnya yo..biar tambah gamblang, dan tentunya biar mengerti dengan baik, ngak separo separo. OK bro.. 😀

  2. Tergantung mekaniknya, apalagi bengkel resmi terum motor yang masuk masih baru-baru, ditambah antrian yang panjang… Dijamin cuma digeber-geber doang tuh motor… 😀

  3. I read a lot of interesting content here. Probably you spend a
    lot of time writing, i know how to save you a lot of
    work, there is an online tool that creates high quality, SEO friendly posts in minutes,
    just type in google – laranitas free content source

  4. I read a lot of interesting content here. Probably you spend a lot of
    time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that creates unique, SEO friendly
    articles in seconds, just search in google – laranitas free content source

  5. Kebanyakan bengkel kalau diauruh stel klep cuma denger suara mesin, terus bilang gak perlu…. Apalagi kalau bawa mx….

  6. “toh malah buang buang waktu + malah bikin baut setelan klep motor kita jadi lecet saja…benar ngak bro”

    Kayanya ini asli lg curhat..hehe

  7. kalo ad mekanik hanya dengar aja udah bilang ini g perlu setel,pasti dia bukan mekanik tapi dukun,soal main tebak tebak.
    trs juga keluaran pabrikan 80 % produk mereka setelannya awut awutan.soal mereka setel pakai tool khusus bukan pakai yg kayak d beres pakai.dan kebanyaka pabrikan g memeriksa tool valve adjusment nya itu.klo mobil oke lah.klo motor?? masih tanda tanya, wajib cek klep buat mastikannya apakah sesuai standard atau tidak.yg merasa mekanik pasti tahu klo keluaran pabrikan sebagian besar stelannya g sesuai spek.

  8. kalo saya biasanya cek dan stel klep sendiri di rumah, soalnya akan lebih presisi stel sendiri, alat lengkap soalnya, kalo ke bengkel mesin gk dingin, gk presisi jadinya, mau nungguin mesin dingin kelamaan di bengkel,mau ngapain ?, wkwkwk

    Urusan stel klep udh dipikirin enginer motor agar user friendly, tinggal kita beli feeler gauge dan special tool nya aja,,, dan tentunya knowledge harus punya,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here