yamaha jatim
yamaha jatim

,bbm-terlalu-lama-mengendap-di-tangki-motor-injeksi-imbasnya-kurang-begitu-baik-loh

BBM dibiarkan terlalu lama mengendap di tangki imbasnya ternyata kurang begitu menyenangkan, dimana sepertihalnya yang pernah kang Majid jumpai di salah satu motor Injeksi milik Yamaha lansiran 2007 ini , yag.. Yamah V-Ixion yang kang Majid maksud ini mengalami masalah terhadap Fuel Pump (pompa bahan bakarnya) dimana saat BBM yang kebetulan jenis premium telah di biarkan berbulan bulan berada di tangki, ternyata bukannya menunjukkan wujud yang positif, namun kondisi motor ketika di coba dinyalakan susahnya mintak ampun (mogok mazz bro..).

Setelah kang Majid cek, ternya distribusi BBM dari tangki menuju ke Injektor untuk di kabutkan ke dalam ruang bakar tidaklah nyemprot setetespun, lah kenapa demikian? ketika kang Majid amati lebih detailnya, ternyata hal tersebut dipicu oleh unit fuel pump (pompa BBM) yang tidak bekerja (tidak mau mutar) yang berimbas tidak adanya distribusi BBM menuju Injector.

moladin

bbm-terlalu-lama-mengendap-di-tangki-motor-injeksi-imbasnya-kurang-begitu-baik-loh

bbm-terlalu-lama-mengendap-di-tangki-motor-injeksi-imbasnya-kurang-begitu-baik-loh

Setelah mencoba untuk overhaul Fuel Pump yang ada di dalam tangki BBM, ternyata kondisi fuel pum mengalami keterpurukan 😀 dimana BBM premium yang berada di tangki selama berbulan bulan tersebut telah mengakibatkan fuel pump macet, kenapa hal tersebut terjadi? Tak lain lagi karena adanya endapan BBM premium yang masuk kedalam pompa BBM, sehingga menyebabkan impeller (kipas pompa) menjadi macet dan berhenti berputar.

bbm-terlalu-lama-mengendap-di-tangki-motor-injeksi-imbasnya-kurang-begitu-baik-loh

Bukan itu saja sih…karena BBM yang tidak memenuhi isi tangki, maka setidaknya komponen fuel pum banyak korusinya. Hem emang kurang baik sih kalu kita mendiamkan motor terlalu lama,dengan kondisi BBM yang tidak memenuhi tangki dan BBM tersebut jenisnya premium yang tidak disertai dengan zat anti karat dan pemisah air (baca disini tentang premium).

Hem..sekedar masukan saja bagi para pemirsa semua, jika melihat kejadian yang kang Majid temui ini, lebih baiknya kalau kita menimbun motor kita berbulan bulan 😀 kasih saja BBM jenis pertamax atau pertamax plus, dimana BBM jenis tersebut telah disertai dengan zat additive semacam anti karat, pemisah air, pembersih dll. (baca disini juga..) serta usahakan juga tangki BBM di isi secara full, BBM telah memenui ruangan di dalam tangki, sehingga tidak ada ruangan yang di tempati oleh udara, hal ini untuk mencegah  terjadinya karat. Itu saja sih ceritanya, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi para pemirsa semua, semoga bermanfaat. (cicakkreatip)

28 KOMENTAR

  1. Kalo dah basi gitu, tambahin aja octan bostee, gunanya bukan naikin nile oktannloh aslinya, cuma untuk memperbaiki kualitas bbm

  2. Thanks for another wonderful article. Where else may anybody get
    that type of information in such a perfect manner of writing?
    I have a presentation subsequent week, and I am at the search for such info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here