yamaha jatim yamaha jatim

lampu-depan-motor-sampeyan-sering-putus-pasti-masalahnya-ada-di-komponen-ini

Bro dan sis semua…pernah ngak sampeyan semua ngalami lampu depan motor sampeyan sering mati, bolak balik diganti dengan yang baru tapi tetap juga lampunya sering putus, meski dibelikan yang original sekalipun tetap belum sampai satu bulan di pakai mati lagi. Hem…pasti jika sampeyan mengalami hal tersebut pastinya dibikin setres…yag, pasalnya bolak balik ganti lampu.

moladin

Kira kira apa ya penyebab sering putusnya lampu tersebut..? Hem…kalau secara teknisnya ada beberapa faktor bro, yang mana kualitas dan spesifikasi dari lampu yang kurang bagus juga bisa mendominasi, kualitas lampu jelek sama spesifikasi Watt dari lampu yang kurang tepat (terlalu kecil) juga bisa menyebabkan lampu sering putus, namun pertanyaannya lampunya itu loh original pabrikan, speknya sama…tapi kok tetap matian ya…?

lampu-depan-motor-sampeyan-sering-putus-pasti-masalahnya-ada-di-komponen-ini
Wujud Kiprok / RR (Regtifier Regulator)

Nah…kalu lampunya original pabrikan dan speknya sudah pas (sesuai std) maka untuk opsi yang ke dua kita arahkan pada Regtifier Regulator, atau bahasa umumnya adalah Kiprok. Pada sistem penerangan khusunya lampu kepala, kiprok (Regtifier Regulator) selain berfungsi sebagai pengubah arus AC dari spoel menjadi arus DC untuk pengisian battery, kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang menuju ke lampu utama, jika tegangan yang dikeluarkan oleh coil (spoel) terlalu besar, maka tugas kiprok adalah mereduksi atau membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu supaya tegangan tidak melebihi kapasitas dari lampu itu sendiri (tegangan yang melibihi kapasitas lampu akan membuat filamen dari lampu putus).

lampu-depan-motor-sampeyan-sering-putus-pasti-masalahnya-ada-di-komponen-ini

Cek tegangan yang menuju lampu dengan menggunakan avometer (bisa avo meter analog maupun digital), jika tegangannya sesuai dengan spesifikasi lampu, maka kiprok bisa kita bilang tidak ada masalah, namun jika tegangannya melibihi spek lampu, berarti penyebab matinya lampu bisa kita tujukan pada kiprok, kiprok tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke lampu (ganti kiprok dengan yang baru).

Cara cek tegangan Lampu kepala:

lampu-depan-motor-sampeyan-sering-putus-pasti-masalahnya-ada-di-komponen-ini

  1. Posisika selector avometer pada selktor AC Volt (menyesuaikan jenis arus lampu)
  2. Ukur tegangan masuk lampu, berhubung lampu kepala ada dua filament, lampu dekat dan lampu jauh, maka ukur satu persatu, caranya di baah ini:

Lampu jarak jauh:

  • Posisikan kabel (+) Avo pada kabel Lampu Jauh, biasanya sih warna Kuning, namun tiap merek motor pasti berbeda, silahkan dicari.
  • Posisikan kabel (-) di Massa lampu (kabel warna hitam)
  • Tahan rpm mesin kisaran 3000-5000 rpm dan lihat nilai yang ada di avometer, hasilnya berapa..? kalau sesuai dengan spek lampu,maka bisa kita katakana tidak ada masalah, jika tidaksesuai, maka kebalikannya.

Lampu jarak dekat:

  • Posisikan kabel (+) Avo pada kabel Lampu Jauh, biasanya sih warna Hijau, namun tiap merek motor pasti berbeda, silahkan dicari.
  • Posisikan kabel (-) di Massa lampu (kabel warna hitam)
  • Tahan rpm mesin kisaran 3000-5000 rpm dan lihat nilai yang ada di avometer, hasilnya berapa..? kalau sesuai dengan spek lampu,maka bisa kita katakana tidak ada masalah, jika tidaksesuai, maka kebalikannya.

Selain spek lampu dan kiprok yang rusak, opsi yang biasanya sering di temui di bengkel adalah kurangnya massa pada lampu atau kiprok, cek kabel warna hitam yang menuju ke lampu (cek rangkaian lampu) atau cek massa dari kiprok (cek baut pengikat kiprok, periksa dari korsi dll.). Selain bisa menyebabkan lampu sering putus, kejadian dilapangan juga memperlihatkan nyala lampu yang kurang terang (redup) karena kurangnya massa.

Nuah..sedikit info singkat di atas bisa segera anda praktekkan jika pemirsa semua mengalami kejadian lampu kepala (lampu utama) motor yang sering mati. Mudah muda bisa bermanfaat, monggo yang mau konfirmasi mengenai kejadian lampu utama motor yang sering mati, bisa langsung di kolom komentar di bawah ini, mungkin cicakkreatip.com bisa sedikit membantu masalah pemirsa semua. (cicakkreatip)

125 KOMENTAR

  1. pnglman klo di mtor bebek/matik bsa jd kiprok sehat ga taunya kabel masa/ground ptus didlm itu bkin lmpu gosong jg gan

  2. nanya kang,,,lampu foging piston ane kn krg terang,ane gnt pk lampu AE modif&dks led,,ealah krg terang ik kang,ada yg blg kl tegangan ke lampu krg jd redup trs solusinya gmn?
    kn arusnya AC tuh,ada yg blg kl arusnya diganti dc biar terang.
    gmn kang?

    • Owalah… Watt lampu yg terlalu besar bisa juga membuat lampu redup kang…usahakan spesifikasi lampu sama dengan yg ori…. Trrus.jika mau diganti dengan sistem dc bida juga terang dan lebih stabil cahsyanya tanpa dipengaruhi oleh putaran mesin. Toh sumber lampu langsung dari battery… Namun sebelum merubah ke dc perhatikan sistem pebgisiannya. Usahakan mumpuni.jika tidak maka usia battery akan semakin pendek…ksrena bebannya ditambah oleh lampu tanpa adanya suply tegangan yg sedusi..
      Di co a saja ganti lampu yg wattnya lebih kecil..atau yg sesuai dengan lampu orinya… Tq

      • Apa iya kang? Itu led sbnre cm 5/10w,angel eyes kl tk jmlh mgkn sktr 30w,total +/- 45w dah,kl lampu std cm 35/35.
        Hmmm….patut dicoba jd dc nih,kr2 kang majid pnh ngerti kelistrikan ninja2tak gk? Tp yg naked lho,bkn rr

        • kelistrikan di speda motor seperti lampu kepala, signal dll. setiap motor hampir sama kok mas seperti motor pada umumnya, biasanya tiap pabrikan yang beda cuma warna kabel saja mas… 😀 mungkin kang majid bisa bantu 😀

          • Wah makasih byk kang atas petunjuknya.
            Kang majid emang mekanik&blogger papan atas yg baek hati,ramah,suka membantu,tdk sombong.

            Pokoke jos gandos dehh,,,,
            Salam dr ungaran,tanggane mekanik yamaha sk bandungan (kang aripispot eh pitstop :mrgreen: )

  3. Ane punya gt125,beli bulan april tapi sampai desember ini lampu depan mati udah 2x….dlu diganti sparepart ori di service yamha….kira2 knpa ya pak.?…mau aku ganti ke osram silverstar gmana ya pak?…….kalo kebengkel lagi paling ganti lampu doang…..and harga kiprok berapa pak?

    • coba nanti bilang ke teknisi bengkel kira kira arus listrik yang menuju lampu kepala normal apa tidak, bisa jadi arusnya terlalu besar ams bro…jadi lampu sering putus. Harga kiprok sampeyan bisa langsung cek di web yamaha ada kok, kang majid kurah hafal, takutnya salah harganya 😀

  4. Hallo mas bro,mau nanya???
    klau bolam lampu dekat/jauh gak putus,tapi lampu jauh di motor saya mati,kira”apanya ya?
    bls mas….

    • bisa cuma saklarnya yang ngak konek bro..monggo di cek, tapi untuk memastikan bohlam jauh sama dekat ngak putus di cek saja pakai avometer, apsalnya kadang putusnya bohlam ngak kelihatan secara mata telanjang

  5. nunut pitakonan, mas.
    apa mungkin kelistrikan di motor kita itu tanpa melalui kiprok ?
    karena kasus di motor saya (Vega R – jadul 2004), sebelumnya sudah normal stelah ganti kiprok, tapi belum 1 th sudah merem2 aja lampu depan.
    Jika lampu depan akan terang benderang seperti matahari disiang bolong kalo saat di gas aja, jika enggak…merem2 ayam gitu apakah ini karena kiprok ?
    karena saya sempet suudzon pada bengkel setelah saya minta dicek dan dibenerin biar dobel starter (starter tangan) bisa ON kembali.
    memang sempet bisa, tp bertahan cuma 2hari saja.
    apakah mungkin kiprok tidak digunakan dalam kasus ini ?
    suuuuwwwun

    • sebelumnya amaturnuhon atas komennya yang bagus sekali bro Firman…

      sebelunya kiprok atau RR (regtivier regulator) di motor kita memiliki 2 fungsi, pertama untuk pengisian battery dengan merubah arus ac dari generator menjadi arus dc untuk battery, ke dua membatasi arus ac yang mau amsuk ke lampu, nag misalkan lampu sering mat, kemungkinan besar bisa dari lamu sendiri dan juga dari kiprok yang sudah jebol. Tapi kalau amsalah redup kayaknya buak dari kiprok mas bro..kecil sekali dari kiprok, kebanyakan dari lampu yang terlalu bewar watt-nya, massa lampu yang kurang, dan terakhir sumber listrik dari generator yang kurang alias lemah, tidak hanya itu kabel kabel dan saklar juga berpengaruh, yang mana tahanan dari masing2 komponen juga diperhitungkan.

      kalau kiprok ngak digunakan kang majid yakin kalau sampeyan pakai motor di gas sedikit saja lampu sudah putus mas…

      ▪ Facebook : cicakkreatip@gmail.com
      ▪ Twitter : @cicakkreatip
      ▪ BBM : 7D7DBA51
      ▪ WhatsApp : 085733637733

  6. mohon penjelasan nya mas broo
    NJMX sy sudah di rubah kelistrikan nya dari AC ke DC pakai kiprok tiger
    tapi belom 1 hari ko lampu utama dan lampu senja nya sudah putus dan gosong sedang kan sikring nya meleleh.sikring standart nya 10 kl sy ganti sikring 15 pengaruh apa tidak.
    mohon penjelasan nya tks

  7. Gan, motor saya udh ganti lampu berkali2 putus mulu trus ganti kiprok masih putus. trs terakhir ganti lampu lg sampai sekarang sh msh nyala tp redup itu np ya?

  8. sya puny mtor blade new
    lampunya redup mulu. udah gtu lmpu belakang sma lampu sen putus mulu om, spul y masih bagus kiprok y bru gnti original, malahan kalo sya pasang aki,,aki y malah kebakar, kira2 apa y tuh om, tolong d share. trimaksih

    • thanks atas pertanyaannya bro rama…membaca cerita dari bro rama kejadian tersebut memang sangat menjengkelkan, apalagi kalau ganti lampu terus menerus 😀

      ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal diatas terjadi, battery sering terbakar, kemungkinan dikarenakan tegangan yang amsuk terlalu besar, pengisian terjadi terus menerus meski battery sudah penuh (over charger) hal ini disebabkan akrena amper yang amsuk ke battery tidak dibatasi oleh rr (regtifier regulator atau kiprok) kejadian ini sering kali terjadi. Namun bisa juga karena adanya massa kiprok sendiri yang kurang, cek massa kiprok.

      terus urusan lampu mati yang pernah kang majid alami ada dua penyebab, pertama karena kiprok, yang kedua karena lampunya sendiri.

      Kiprok, kejadians ama seperti diatas, arus yang menuju lampu enggak ada pembatas dari kiprok, sehingga dikala putaran mesin tinggi seringkali lampu putus (kiprok rusak).
      terus ke dua jika kiprok bagus tapi masih mati, kemungkinan lampunya sendiri, watt lampu terlalu kecil, atau massa dari lampu kurang, atau memang lampunya sendiri yang kurang bagus kwalitasnya.

      setidaknya itu yang pernah kang Majid alami, monggo dicek…..

  9. bro ane punya motor win second, penerang tidk ada (Lampu), ane install penerang langsung ke sepul lampu sm ke body, tpi lampunya sering putus.,,, min

  10. kalau kiprok arusnya berlebh atau kurang… tinggal beli in IC regulator LM 78XX (sesuai kebutuhan tegangan) aja… solusi murahh meriah 😀 paling 5ribuan 😀

  11. Bg ane mau tanya nih masalah lampu , udah 3 kalu ganti lampu sehari gada yg tahan lama gara2 kmaren konslet gatau dmna konsletnya , sampe lampu blakang konslet bgitu juga senja maake ikut2an konslet , TKS bg .

  12. It’s easy to learn, calming to speak and soothing to hear.
    People are not to be trusted these days and you canbot simply blame yourself
    ffor following your instincts. Teens bullying each other
    remains a serious issue and a great many parents are requesting what are ways to prevent cyberbullying.

  13. bro monanya kok motor saya lampu yang depan yang deka nyala dan yang jauh gk jalan jdi hrus di gimanain ?
    dan saya tuh udh bli kiprok baru pas udah dipakai kok lampunya malah jadi gak jalan dua2nya
    mhon sarannya

  14. Ak kemaren smpt gnti lampu am kiprok.g lama kumat lg.malah daleman wadah lampu am lampu.a leleh, pitingan senja angus.itu apanya bro? Suwon

      • motor susuki spinku sering putus lampu total hingga tinggal lampu riting yang hidup sudah aku ganti bolam tetap aja putus lagi bahkan sudah aku ganti Kiprox baru dan original hanya bertahan 3 mingguan putus lagi lampunya bahkan lampu spido meternya ikut putus kira kira apa penyebabnya ya mas bro ? bagaimana cara mengatasinya ya ? terima kasih…..

  15. gan motor ane MP2003 kiprok udah ane ganti baru merk fukuyama dipakai sekitar 1 minggu, lampu sama starter nya kembali ngadat lampu putus dan starter tidak bisa. kira” apanya ya gan

  16. Bro,,kalau kiprok sudah diganti akan tetapi tegangan listrik yg di keluarkan kiprok tetap besar dan bikin lampu cepat putus,,,ada solusi bro?

  17. Lampu depan (lampu kepala) honda beat matic fi mati (gak ada tegangan) padahal klakson dan lampu sein nyala seperti biasa, kenapa?

  18. Sering brow@ lampu spd saya sering mati smua,pdhl saya udh ganti kiprok,trs saya mintak solusinya brow biar gk bolak_balik ganti lampu…mksh

  19. Sy baru beli kiprok baru vega r,tapi pas d psang kok masih putus aj,klo cara mmbtasi arus yng keluar dri kiprok gmn ya cra nya pke komponen ap gitu.? Trimksih sblumnya.

    • Trims pertanyaannya broh…kiprok sebenarnya funginya sudah untuk membatasi arus dari spoel. Coba cek massa lampu dan whatt lampu nroh….solnya lampu putus penyebabnya bukan hanya kiprok broh…

  20. Mas lampu satria fu saya mati semua , kena rpm di atas 5000 kemudian sudah aku ganti kiprox tp cuma bertahan tidak lama kemudian mati lagi . kira kira apa nya ya mas ?

  21. Gan..ane pny masalah tolong di Bantu ya,,motor ane new blade 125,,ane pasang lampu LED PNP,arus nya ane rubah Jadi DC trus di pasangin relay..Nah masalah nya lampu LED nya jd seeing mati,,knp ya gan ?

    • Hallo mas Reza. Melihat gejalanya sepertihanya sama persis dengan apa yang saya alami kemarin saat menagani Honda Beat, kadang redup, mati sendiri, dan saya chek ternayata pertama fitting lampu leleh. Salahsatu kaki fitting leleh. Yang kedua mungkin hal ini ngak awam bagi mekanik, bahwa saklar lampu sering menjadi hal utama, coba chek saklar lampu di holder, kebanyakan leleh atau gosong. Tq sebelumnya tas komentarnya mas..semoga bisa membantu 😀

  22. Ini gimana mas masalah nya…kemaren saya beli lampu utama pas saya coba langsung putus mas cuma beberapa menit aja hidup…cara mengatasinya gimana mas

    • Hallo mas Arizal….
      Motornya apa ya??
      Kalau boleh tau lampunya original apa tidak?
      Kalau memang original coba deh chek regtifier regulatornya (kiprok) bisa jadi kiprok bermasalah, terutama regulator arus ke lampun

  23. Punten….mohon infonya suhu…
    Punya motor fu injeksien,lampu led….cuma untuk lampu depan di ganti pake bohlam….
    Mau bohlam standar/hid/led sama aja baru di gas langsung putus mau lampu jauh/deket,di ganti projie led cuma bertahan 2 – 3bln…cek battre ga sampe 15 (cuma 14.33 di rpm 5000)….
    Kira2 itu apa nya ya?
    Mohon pencerahannya.tks kang majid

  24. Gan saya mau nanya kenapa lapu depan saya selalu cpt mati ya, tapi klo pakai lampu orsinilny ga mati” apa penyebabny? Tlong bntuanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here