Fungsi Pelumasan Mesin, Bukan Hanya Melumasi, Melainkan Banyak Tujuan Lainnya…

yamaha jatim yamaha jatim

 fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnya

Bro dan sis semua…sampeyan pada punya kendaraan bermotor kan…? Ok…kalau punya kapan terakhir kali motor sampeyan service…? Apa yang menjadi patokan sampeyan dalam service motor…? Kira kira kalau service hal yang paling sampeyan utamakan apa brosis…?

“Kalu ngak rusak yo ngak di service kang”…GaGaGaGa 😀 apakah ini yang jadi patokan sampeyan dalam melakukan service 😀 atau “kalau ada uang baru di service kang”…apakah ini juga patokan sampeyan dalam service motor…? hem…kang Majid juga manusia je…setidaknya punya juga fikiran seperti itu 😀 tapi mengingat masa lampau waktu itu yang memperlihatkan sosok mesin punya orang tua yang ambrol, setidaknya ada satu hal yang kang Majid pegang erat dan selaludi perhatikan, dimana waktu itu adalah masalah penggantian oli mesin, yupz ritual penggantian oli ini hal yang kang Majid sakralkan, dimana kala itu kang Majid mengalami ganti silnder + piston gara gara keteledoran dalam penggantian oli saja.

instagram cicakkreatip.com moladin

Emang oli adalah cairan pelumas yang banyak fungsinya bagi mesin motor kita, dimana beberapa fungsi daripada oli adalah:

fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnya● Anti Gesek (Friction Effect) oli harus bisa melumasi bagian part dalam mesin yang saling bergesekan, sehingga gesekan yang terjadi antar komponen mesin saat bekerja dapat di tekan sekecil mungkin.

fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnya● Pendingin (Cooling Effect) oli harus mempunyai sifat pendingin, dimana kemampuan untuk mendinginkan suhu mesin yang timbul karena pembakaran dan gesekan antar part juga sangat dibutuhkan.

● Perapat (Sealing Effect) Oli harus mempunyai sifat perapat, yang mana hal ini dibutuhkan sekali untuk merapatkan part yang memicu terjadinya kompressi, sepertihalnya celah antara piston dan didnding silinder.

fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnyaMTR● Bantalan (Buffer Effect) Hal ini juga hampir sama dengan anti gesek, dimana oli juga harus memiliki sifat sebagai bantalan, yup…bantalan sepertihalnya melumasi bagian komponen yang berputar, seperti halnya bearing, loller dan sejenisnya.

fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnya● Anti karat (Rust-inhibiting Effect) Nah…selain bekerja untuk memperkecil gesekan part di mesin, oli juga harus mempunyai sifat anti karat bro…dimana tidak menuntuk kemungkinan bagian part didalam mesin akan terkena karat yang pada akhirnya akan membebani kerja daripada mesin sendiri. (pernah sampeyan menjumpai jeroan mesin yang berkarat…?)

fungsi-pelumasan-mesin-bukan-hanya-melumasi-melainkan-banyak-tujuan-lainnya● Pembersih (Cleaning Effect) Yang sat ini senjata pamungkas yang penting juga, diadalam mesin pastilah terjadi gesekan antar part bro ya…meski ada oli tetap sedikit atau besar gesekan antar part akan menghasilkan gram gram kecil, nah…ini nih yang bahaya, jika gram tersebut tidak di sapu bersih dan dipisahkan dengan komponen yang bergerak, maka imbasnya sudah pasti mesin akan mengalami keterpurukan, sepertihalnya jika gram terkena dinding silinder, pasti imbasnya didinding silinder akan mengalami goresan yang mengakibatkan bocornya kompressi, atau kalau garam tersebut melewati lubang saluran oli, pasti pendistribusian oli akan mampet, dan akhirnya tidak semua bagian mesin akan terlumasi.

Maka dari situlah, biar tidak terjadi imbas gram jahat…gram gram tersebut harus di sapu bersih, sapunya pakai apa…? Sudah pasti memakai cairan oli mesin. So…buktinya jika sampeyan semua mau ganti oli, pastilah dari cairan oli yang ada di nampan, pasti bagian bawah/dasar cairan oli akan menyisahkan residua atau lumpur atau bisa juga berupa gram, nah hal tersebut telah membuktikan bahwa oli emang kerjanya juga sebagai cleaning service daripada mesin 😀

Nah…gimana bro sis…jika sudah mengerti mengenai manfaat atau fungsi oli untuk mesin, kira kira masih mau mending waktu ganti oli ngak sampeyan 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

19 Komentar

  1. ane gnti oli sebulan sekali gk pduli kilometer nya msih mnempuh brapa, yg pnting gnti olinya sebulan sekali biar mtornya ttep mantap…hehehe

    • kalau menurut penjelasan guru SMK kang majid dulu imbasnya kurang bagus ke mesin, soalnya tiap oli memiliki kereteria yang berbeda + kandungan zat yang berbeda, jika gonta ganti mesin membutuhkan penyesuaian, dimana penyesuaian tersebut biasanya sedikit banyak akan berimbas ke mesin 😀

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. API Service pada Spek Oli… wajib dimengerti sebelum menerapkan Oli pada motor kita…!! | cicakkreatip.com
  2. Molor…Ganti Oli mesin CB150R facelif & Sonic 150R sekarang per 6ribu km..? | cicakkreatip.com
  3. Berapa Kapasitas Oli Mesin Yamaha Nmax? | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*