Tips Pengingat Menghemat BBM dalam Berkendara: Sudahkah anda Meninggalkan Kebiasaan Buruk ini Ketika Mau atau Sedang Berkendara…?

yamaha jatim yamaha jatim

tips-menghemat-bbm-dalam-berkendara-sudahkah-anda-meninggalkan-kebiasaan-buruk-ini-ketika-berkendara

Kebiasaan buruk dalam memperlakukan motor ketika saat berkendara sedikit banyak juga mempengaruhi akan konsumsi BBM motor kita loh…dimana beberapa hal yang mungkin juga anda sering lakukan tapi tidak sadar mengenai perlakuakn dan gaya berkendara yang lebih kurangnya sangat dan sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM motor kita, kira kira apa saja kebiasanan yang kurang baik tersebut, monggo di simak di bawah ini.

tips-menghemat-bbm-dalam-berkendara-sudahkah-anda-meninggalkan-kebiasaan-buruk-ini-ketika-berkendara1. Bro sis…kira kira sebelum tancap gas, sampeyan semua memanasi mesin motor sampeyan ngak..? kalau iya..berarti tindakan yang anda lakukan adalah benar sekali, kenapa demikian? karena pemanasan mesin itu merupakan hal yang cukup penting dan tidak bisa kita abaikan loh, dimana kalau suhu mesin terlalu dingin dalam kondisi yang lama, otomatis konsumsi BBM juga semakin banyak pula, hal tersebut dikarenakan saat kondisi mesin dingin, ruang bakar juga ikut dingin pula…!!! Nah maka dengan begitu pasti semakin sulit pula untuk membakar BBM, hingga akhirnya, perlulah konsumsi BBM yang banyak untuk melakukan pembakaran tersebut. (kondisi mesin dingin juga membuat gesekan part didalam mesin semakin besar, pasalnya kondisi oli mesin masih belum bersirkulasi dengan sempurna).

instagram cicakkreatip.com moladin

2. Masih masalah pemanasan mesi, tadi kang Majid bilang jika motor masih dalam kondisi dingin langsung dibuat jalan, otomatis konsumsi BBM bisa semakin bros & banyak part yang terkikis karena belum terlumasi secara merata, nah…kalau yang ini kebalikannya, dimana pemanasan mesin yang terlalu lama imbasnya juga kurang bagus. So…selain kondisi suhu mesin yang meningkat dengan cepat, konsumsi BBM juga ikut membeludak, dimana rentang waktu untuk pemanan mesin juga bisa kita ibaratkan sebagai waktu konsumsi BBM secara cuma cuma. Jadi…lebih tepatnya kita manasin mesin secukupnya saja…alias sesuai dengan petunjuk yang diberlakukan pabrikan di buku panduan service.

tips-menghemat-bbm-dalam-berkendara-sudahkah-anda-meninggalkan-kebiasaan-buruk-ini-ketika-berkendara3. Masalah ban, kita kudu rutin mengecek kondisi kaki sang kuda besi yang kita tunggangi, dimana kondisi tekanan ban juga mempengaruhi akan konsumsi BBM motor kita (kondisi tekanan yang pas juga meningkatkan pengenadalian motor yang baik pula).

tips-menghemat-bbm-dalam-berkendara-sudahkah-anda-meninggalkan-kebiasaan-buruk-ini-ketika-berkendara

4. Disetiap saat, kadangkala kita memacu sang kuda besi kita melenceng dari jalan raya (aspal) kendati kondisi kemacetan jalan kadangkala memicu hal tersebut. Perlu disadari bahawa melibas jalan yang tidak rata (non aspal) juga bisa memicu akan konsumsi BBM yang lebih banyak, dimana kondisi jalan yang kurang bagus tersebut akan menambah hambatan/laju dari kendaraan kita, yang imbasnya kuda besi kita akan membutuhkan tenaga yang lebih untuk menggeser roda dari permukaan jalan tersebut.

5. Hal ke lima ini, mungkin sudah kita sadari bro sis…tetapi kadangkala rasa terburu buru karena takut telat masuk kerja atau takut telan janjian sama sang pacar (cihui…….) kadangkala kita membetot gas dan menutup gas motor kita terlalu spontan (stop an go) hal tersebut juga bisa memicu kondisi pemakaian BBM yang membeludak, pasalnya kita menutup atau membuka gas tanpa memperhatikan kebutuhan dari mesin itu sendiri.

6. Pakai aksesoris yang extra non aerodinamis di motor 😀 Maksudnya..? Saking kepinginnya merajut motor dengan tampilan yang gagah dan cantik, kita semua memasang prabotan prabotan yang kadagkala kita lupa memperhatikan apakah cocok untuk motor kita..? pasalnya dari pemasangan seperangkat barang aksesoris seperti visor (tameng angin), box barang dll, malah akan menghambatan laju udara pada motor kita, sehingga membuat laju motor semakin terhambat pula, yang pada akhirnya kerja mesin motor kita akan semakin berat.

tips-menghemat-bbm-dalam-berkendara-sudahkah-anda-meninggalkan-kebiasaan-buruk-ini-ketika-berkendara7. Nah…yang terakhir nih bro….sampeyan dalam berkendara kan tidak melupakan nih atas rambu rambu lalulintas, yupz…lampu trafficlight, kadangkala seringkali kita menghiraukan akan waktu yang menghentikan kita saat di lampu trafficlihth tersebut, dimana seringkali pada saat kita berhenti jebretttt, tangan kita enggan untuk menyentuh main switch (kunci kontak) untuk di matikan (diposisikan OFF), dimana hal sepele inilah yang nantinya akan menguras fuel tank (tangki BBM) di motor sampeyan, sedikit demi sedikit tapi pasti, ya….hal ini sepele sih, tapi bayangkan kalau emang saat kita berhenti di lampu merah BBM dalam tangki berkurang 0, 1 mili, bayangkan kalau dalam sehari sampeyan berhenti lebih dari 5 kali, jadinya berapa..? atau dalam kurun waktu satu bulan lah…kira kira berapa mili di tangki sampeyan akan terbuang sia sia 😀

Masih banyak sih faktor yang bisa mengurangi BBM karena kebiasaan kita dalam berkendara, setidaknya hal kecil yang kang Majid ketik ini kita semua para pengguna jalanan bisa semakin ingat lagi akan kebiasaan berkendara yang lebih baik…. ya rubahlah kebiasaan kita dalam berkendara mulai dari sekarang, so…opo ora kasihan anak cucu kita nanti tidak kebagian jatah BBM 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

29 Komentar

  1. klo yg nmor 7 kyanya rada aneh jg utk dilakukan, krn klo lgi lmpu merah trus motornya qt matiin smentara, ntar klo dach lmpu hijau kyanya rada repot jg krn mesti qt nyalahin dlu baru gas..iya klo itu motor matic qt nylain bsa lnsung gas jlan, y klo motor bebek atw sport yg ad giginya gmn hrus nyalahin dlu trus ngoper gigi baru ngegas.. y keburu diklaksonin donk sma kndaraan dibelakang krn telat jlannya, hrusnya dach didepan eh gra2 mw jlan aj mesti nyalhin motor dn ngoper gigi dlu mlah jd dibelkang..jd faktor no 7 hrusnya gk usah ditulis..hehe

    • hahahah mantep brtul sekali, kang majid juga ngerasain tu nyalain motor di lampu merah di semprit para pengendara yang ada di belakang kang majid, hem…yang jadi pelajaran berarti sper waktu yang kita butuhkan bro…. misalnya kalau lampu merah nyalanya 30 detik, berarti lebih baiknya kurang lebih 10 atau 5 detik motor sudah kita nyalakan, biar kalau di detik ke 0, kita bisa langsung go…………. 😀

      • Itu klo lampu merahnya pake detik’an,,
        Tp lbh banyakan lampu merah yg ga ada detik’an nya
        Klo ada juga mati layar detik’an nya

  2. Itu klo lampu merahnya pake detik’an,,
    Tp lbh banyakan lampu merah yg ga ada detik’an nya
    Klo ada juga mati layar detik’an nya

  3. Hi there! This article could not be written any better!

    Reading through this post reminds me of my previous roommate!
    He always kept talking about this. I am going to forward this
    post to him. Fairly certain he’ll have a good read.
    I appreciate you for sharing!

1 Trackback / Pingback

  1. Haraga Pertamax Ron 92 per 2 Januari 2015 Resmi Turun | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*