yamaha jatim
yamaha jatim

bore, stroke_cicakkreatip.com.jpg

Brosis semua…lanjutan dari penjelasan yang kang Majid bahas kemari (klik disini untuk melihat artikel…) mesi sepeda motor kendaraan yang kita gunakan sehari hari pada umumnya terdapat dua jenis jika ditinjau dari cara kerjanya, dimana ada motor 4 langkah (4 stroke) dan ada motor 2 langkah (2 stroke).

Dari jenis mesin yang ada, ternyata tiap mesin mempunyai karakter yang berbeda beda loh…dimana karakter tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi  yang ada, jadi tidaklah heran kalau didalam dunia otomotif ada yang namanya mesin langkah panjang (long stroke), mesin langkah pendek (short  stroke) dan mesin langkah persegi (square).

moladin

Dalam ke 3 karakter  mesin yang ada, tiap mesin memiliki ciri khas masing masing, dimana tiap karakter memiliki sebuah keuntungan dan kerugian masing masing. Nah kira kira apa keuntungan & kerugian-nya? Monggo dibahas bersama kang Majid di sini 😀

jupiter z

*Mesin Langkah Panjang (long stroke) adalah mesin yang mempunyai langkah lebih panjang daripada diameter silinder (Ex Jupiter Z : Bore 51mm x Stroke 54mm), mesin jenis ini memiliki torsi di putaran rendah yang besar, hal ini berkaitan  dengan rumusan torsi, dimana torsi memiliki rumusan (F x R) gaya/tenaga x jarak, semakin panjang jarak sumbu benda dengan gaya yang diberikan, maka semakin besar pula torsi/momen puntir yang dihasilkan.

torsi-cicakkreatip.com

Tidak hanya itu saja, dengan langkah yang panjang…tentunya pengaruh juga sama perbandingan kompresi yang di hasilkan (CR), diman untuk jenis mesin langkah panjang, perbandingan kompresinya lebih tinggi dibandingkan langkah pendek.

Untuk kerugian pada mesin jenis ini, pastinya dengan langkah yang lebih panjang, sudah pasti gesekan piston antar dinding silinder lebih besar pula (friksi lebih besar), terus…untuk mencapai Rpm maksimal, mesin langkah panjang ini cenderung membutuhkan jeda waktu yang lama dibandingkan dengan langkah pendek.

rx king_cicakkreatip

*Untuk mesin langkah pendek (short  stroke) adalah mesin yang mempunyai langkah lebih pendek daripada diameter silinder (Ex RX- King : Bore 58mm x Stroke 50mm). Mesin ini mempunyai daya gesek (friksi) yang cukup kecil.

Dikarekan langkah pistonnya yang pendek, maka naik turun piston semakin cepat pula, nah imbasnya apa? pastinya tenaga untuk memutar poros engkol juga semakin cepat pula. Jadi untuk mesin jenis ini bisa kita bilang mampu menghasilkan putaran mesin (rpm) yang lebih cepat daripada langkah panjang, wajar kalau tipe yang satu ini jika gas di betot motornya langsung ngacir 😀 biasanya untuk karakter mesin tersebut lebih dominan diterapkan untuk motor balap.

Dari penjelasan di atas, bukan berarti langkah pendek yang paling bagus loh, dimana jika kembali pada rumusan torsi (FxR), bisa dibilang untuk torsi awal yang dimiliki oleh motor jenis ini tidaklah sebesar langkah panjang dan untuk perbandingan kompresi (CR) yang dihasilkan juga masih besaran langkah panjang.

fiz r_cicakkreatip

*Terakhir, langkah Persegi (square), mesin jenis ini dibilang memiliki langkah persegi dikarenakan diameter silinder dengan langahnya sama atau hampir sama, (Ex Fiz R : Bore 52mm x Stroke 52 mm). Mesin jenis square ini memiliki karakter yang mewakili langkah panjang dan pendek, dimana untuk masalah tenaga dan torsinya lebih merata tiap Rpm-nya. Maka dari situlah untuk menis dengan langkah persegi  ini cocok dipakai pada kokdisi apapun.

Untuk membuktikannya, monggo dibandingkan motor langkah panjang, pendek, persegi buatan pabrik garpu tala ini, mana yang lebih enak? Cocok ngak dengan teorinya 😀 monggo dibuktikan sendiri 😀

jupiter z, fizr, rxking_cicakkreatip

NB: jika ada kekurangan dalam artikel ini, monggo ditambahi di kolom komentar, dan jika ada yang ditanyakan monggo juga diungkap di kolom komentar 😀

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

35 KOMENTAR

    • yupz..setau kang majid dalam jupiter z1 ada teknologi holow pin crank shaft, sebuah pin crankshaft yang ada lubangnya, dengan teknologi tersebut langkah z1 semakin ringan, dan tak ketinggalan teknologi injeksi yang dianut z1 juga emang dirancang agak menuju racing 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here