Ban dalam Motor Sampeyan Sobek…? Jahit dulu Baru di Tambal…

yamaha jatim yamaha jatim
Image
kondisi ban dalam saat di jahit

Bro sis…berawal dari ngobosnya tekanan angin ban dari motor iventaris kantor yang kangbro pakai, JUUUSSSS setidaknya begitulah gambaran suara yang dikumandangkan saat ban motor mengalami kempes. Gliar gliur roda belakang terasa di bokong, oleng tak tentu arah 😀 …dengan perkiraan sementara sambil mau menepi, wah ban motorku yang belakang bocor nih, hem..masi baru 100 km dari kantor, ealah sudah bocor…uwasem tenan….apes kang Majid waktu itu, hem…katae teman kangbro, hayo…belum keramas yo..? sambil ketawa mringis xixixixix . Bukannya nyari solusi, malah ngajak guyonan… 😀

IMG_0035 1000
sosok penyedia jasa tambal ban 😀

Dalam bahu jalan kangbro cek roda belakang tu motor, ngak ditemukan paku sih…tapi ada robekan di tengah tengah ban bagian luar, wah apa mungkin terlalu kencang ya tekanan anginnya..? atau terkena batu tajam…? Hem..yaweslah rejeki di pagi hari…diterima sajalah 😀 . Ban gembos…alternatifnya yo cari tukang pijit tambal ban, berjalan 15 meter pas dalam pertigaan jalan, ada tukang tambal ban…legah rasanya 😀

Setelah di bongkar pak tukang BAN, bener tu dugaan kangbro..ternyata ban dalamnya sobek bro..”hadeh bakal habis kanisi banyak ni, tekor dah saya” mungkin itu hal pertama yang diucapkan dalam hatinya si bapak  tambal ban tersebut 😀

instagram cicakkreatip.com moladin

IMG_0033 100

Sambil memperhatikan si tukang melakuan bedah ban dalam kang Majid, ada yang aneh saat nambal, apa tu yang aneh..? ada alat yang tak lazim digunakan untuk tambal ban, dimana alat tersebut adalah seperangkat jarum dan benang jahit… Nah untuk apa yo…? Setelah melihat gerak gerik pak tukang, ternyata jarum dan benang tersebut untuk menjahit ban yang sobek tadi…hal tersebut sontrek membuat kangbro bertanya langsung ke beliaunya, “loh pak…kok pakai dijahit kayak celana robek saja” jawab si tukang “Ehem..berhubung ini sobek maka kalau ditambal saja ngak cukup, pasti dibuat jalan satu kilometer  saja sudah gembos lagi, jadi dijahit dulu baru di tembel..kuat dah (wiech kayak dukun aja bisa nentuin satu kilometer gembos lagi wkkkk 😀 , eh apa jangan jangan pak tukang ini juga dukun wkkk 😀 husssss dijaga omongannya, bisa bisa mulut sampeyan di tapuk ban tambalan loh sama pak tukang… wkkk zadis men 😀 )

IMG_0034 100
hasil jahitan

OOOOOOooo gitu to, ekspresi saat mendengar jawaban si tukang tambal, yaweslah manut saja suhu wkkkk 😀 Setelah nungguin selama kurang lebi 4 menitan, selesai sudah acara tembel menembelnya..jreng jreng…ni hasil tembelan cap jahit, lumayan bagus ya garapane si bapak… 😀

setelah di tambal..ni hasilnya
setelah di tambal..ni hasilnya

Yah..setidaknya untuk sementara saja ban ini harus tetap hidup, sampai di kantor kangbro ajukan penggantian ban baru ke bag. Umum perusahaan. Hem…ternyata bro…bukan kolor sampeyan saja yang bisa di jahit 😀 , sampai golongan ban pun bisa di jahit xixixix 😀 unik bro… Ini cuma ada di Indonesia 😀 jadi kalau sampeyan nemuin jaitan ban saat main ke luar negeri, berarti itu adalah produk dari Indonesia, alias mad in Indonesia wkkkkk 😀 hanya orang Indonesia yang bisa 😀

Yawes…salam cicak kreatip.com 😀

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

41 Komentar

  1. Sebagai tukang tambal ban,teknik ini sbagai upaya agar ban ga tambah lebar sobeknya,misal langsung ditambal tanpa dijahit dulu,ketika di isi angin bagian pinggir sobekan akan tambah melebar dan lama2 melebihi karet tambalan,

  2. betul sekali gan, memang ban dalam yang sobek sebelun ditambal harus dijahit lebih dahulu, agar lebih kuat dan tidak mudah bocor kembali, fungsi dari benang tersebut adalah untuk menahan

    mampir juga ke blog saya dukunban.blogspot.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*