Gunung Kelimutu NTT : Saat Kaki Kangbro Berpijak di Gunung Kelimutu Nusa Tenggara Timur (NTT) Sungguh Betapa Kayanya Indonesiaku…!!!

yamaha jatim yamaha jatim

Gambar

Baca Artikel Ini Sampai Selesai, Sungguh Kekayaan Indonesia Emanglah Besar…Anda Patut Tau Itu… (ambil cemilan dan sejenisnya sebelum membaca 😀 )

Brosis…Sungguh menjadi pengalaman tersendiri bagi kangbro, dimana dapat suatu pekerjaan yang membuat kangbro lebih mengenal akan seluk beluk bagian dari ujung Nusantara ini, kaki ini sempat menggores tanah di pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan beberapa hal misi rahasia yang diberikan oleh perusahaan 😀 , kangbro jelajahi ujung timur pulau flores sampai ujung paling barat dari pulau tersebut, sempat terkagum kagum akan ke indahan pulau tersebut, dengan tangan menepuk dada yang disertai dengan bibir ini mengucap syukur kepada sang pencipta, sungguh bro…sepanjang perjalanan mata kangbro disuguhi dengan keindahan alam yang beragam dan begitu alami.

instagram cicakkreatip.com moladin

Gambar

Sepanjang pemberhentian pada daerah yang kangbro singgahi…pasti disitu ada objek wisata yang patut dan wajib dikunjungi, lah wong objek tersebut termasuk kekayaan Indonesia yang mendunia je..sayang kalau sebagai orang Indonesia belum pernah menjama objek tersebut..so orang asing malahan yang banyak kluyuran ditempat tersebut, ngak etis dong.. 😀

Gambar

Sekedar menuangkan rasa bangga sebagai orang Indonesia…dimana hal ini berkaitan dengan yang kangbro peroleh saat menyusuri pulau flores, saat itu kangbro sempat mampir di Gunung Kelimutu yang bertempat di tengah tengah pulau flores, layaknya jika berada di pulau jawa, posisi gunung tersebut berada di jawa tengah, tapi sebelumnya bro…jika sampeyan ngakunya orang Indonesia asli…kenali dulu mengenai Gunung Kelimutu itu kayak gimana. Nah untuk urusan penjelasan mengenai gunung tersebut kangbro serahkan dan pasrahkan pada yang lebih tau, monggo disimak penjelasannya dibawah ini..!!!

Gambar

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTTIndonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan KelimutuKabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Gambar

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo”merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Awal mulanya daerah ini diketemukan oleh orang lio Van Such Telen, warga negara Bapak Belanda Mama Lio , tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang menikmati danau yang dikenal angker bagi masyarakat setempat. Mereka yang datang bukan hanya pencinta keindahan, tetapi juga peneliti yang ingin tahu kejadian alam yang amat langka itu.

Kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992.

sumber  penjelasan : http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelimutu

Gimana bro…juozzz yo..hem lebih joznya lagi kalau sampeyan berkunjung di Gunung tersebut secara langsung, pasti tepuk jidat dan subhanaullah…sungguh kekayaan Indonesia baru kelihatan melimpah disana, dari sinilah kangbro baru bisa percaya bahwa sungguh bro..Indinesia, tempat kita berpijak ini..sangat sangat kaya akan kekayaan alamnya, bukan kaya saja, tapi kuayaaaaaaaaaaa pollllllll, mentok tok…wez pokoe mentok ngak ada duanya. Joz dah..kalau ngak percaya..monggo sampeyan intip langsung ke TKP sana. 😀

Gambar

cicak kreatip.com I By : Abd. Majid

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

29 Komentar

  1. lihat pmandangan kek gini bkin hati tenang n tentram…mengagumi kebesaran sang pencipta alam semesta…ALLAHU AKBAR….bikin takjub
    dlu waktu msih skolah sya trmasuk aktif dlm kegiatan ginian…pernah naik ke gunung manggir(blora)..gunung slamet(banyumas)…
    pngen bsa naek gunung lg,,tp ksibukan kerjaan n keluarga yg menyita bnyak waktu gk mmungkinkan lg

1 Trackback / Pingback

  1. Malam di Base Camp Songa rafting Probolinggo… | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*