Lampu Senja : Lampu Senjamu Kurang Terang…? Ganti Dengan Bolamnya Lampu Sein..!!!

yamaha jatim yamaha jatim

Image

Bro dan sis semua… Dalam suatu kendaraan bermotor pastinya dilengkapi dengan beberapa perangkat kelistrikan…dimana biasanya kelistrikannya tebagi  menjadi beberapa item, diantaranya ada sistem pengapian, sistem pengisian, sistem signal, sistem stater dan sistem penerangan.  Sistem tersebut di pasang dalam unit kendaraan, selain untuk memenuhi kebutuhan dalam pengoperasian motor itu sendiri…tentunya juga bertujuan untuk mempermudah kita dalam member isyarat pada pengendara lain saat di jalan raya.

Satu saja yang pingin kangbro bagi…dimana kali ini lebih tepatnya acara bagi bagi info ini lebih menjurus mengenai sistem penerangan,  bro..pernah ngak sampeyan berfikiran kalau lampu senja sampeyan terlihat kurang jreng cahayanya..? hem..emang sih yang namanya lampu senja tidak harus terang benderang..toh kalau untuk yang urusan terang ada lampu utama…ya toh..? tetapi bro…setidaknya boleh dong kalau lampu senja kita oprek menjadi lebih terang dari standart pabrikan. Boleh ngak bro…? kalau ngak boleh mending ngak usah kangbro lanjutin infonya wkwkwkw 😀 (esmosi….)

instagram cicakkreatip.com moladin

Sebenarnya boleh boleh saja itu kita lakukan, asalkan itu motor kita sendiri, bukanlah motor milik tetangga… 😀 , terus gimana caranya tu…? Yo sudah pasti bro, kita ganti lapunya dengan bolam lampu yang lebih terang, dengan menerapkan whatt yang lebih besar. Bolam tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah, yupz yakni dengan memanfaatkan yang sudah ada…!!! Sampeyan lihat ngak spesifikasi atau menurut perkiraan sampeyan bolam bolam apa yang cocok menduduki dudukannya lampu senja..? hayo bolam apa…?  Kalau sampeyan cermat pasti tau… 3,2,1 ah..kelamaan jee jawabnya…heheh 😀 Ngak jadi tanya dah kangbro… 😀

Image

Setelah cari mondar mandir di sekeliling motor…kebetulan motor kangbro ini adalah mio-j….ternyata ada bolam yang muirip banget sama bolamnya lampu senja…bolam tersebut adalah miliknya lampu sein (lampu tanda belok). Hemmm langsung kangbro lepas bolam sein tersebut, setelah itu kangbro bandingkan…kira kira spesifikasinya sama apa engga…? Setelah mengamati.. 2 jam kemudian  yang kangbro temukan ternyata bolam lampu sein dan senja sangatlah berbeda…tetapi jika dipakai untuk lampu senja, nancapnya bolam lampu sein pada rumah lampu senja sangtlah pas.  Terus apa yang berbeda lo bro..?

Apa yang berbeda dari ke dua lampu tersebut…? Yang berbeda sudah pasti bro..yakni dari segi dimensi daripada bolam tersebut, milik sein bisa dibilang lebih besar, yang ke dua masalah warna kaca bolam…milik sein berwarna kuning, milik lampu senja tidak ada warnanya alias bening…jadi kalau kita pakai lampu sein untuk menggantikan lampu senja pasti warnanya kuning terang….sedangkan perbedaan yang ke tiga yakni masalah whatt, yupz what = apa xixixi 😀 , whatt atau daya yang dianut oleh ke dua lampu tersebut berbeda, tetapi voltasenya sama…yakni 12V.

Whattnya lampu senja = 3.4w sedangkan lampu sein = 10w, selisihnya 6,6w. Hem berarti terangan yang sein dong bro…? yupz pastinya bro wong whattnya lbeih gedhe… Lah apakah ngak leleh tu kaca reflector lampu seinnya karena kepanasan..ngak ada masalah bro…aman aman saja…sudah kangbro coba.

Hemm  untuk lebih jelasny monggo dilihat  gambar komparasi di bawah ini…oh iya jika minat untuk merubah bolam lampu senja sampeyan dengan lampu sein, monggo disiapin uang 15 ribu untuk membeli lampu sein dengan spesifikasi 12V – 10W…harga sudah termasuk uang parkir.. 😀 , tapi kalau sampeyan pinter nawar bro…bisa tu harga lampunya  turun jadi 10.000, tetapi jika sampeyan pinter mbujuki alias ngibul, bisajadi sampeyan dapat gratisan + masuk penjara. Wkwkwkw dari pernyataan di atas, yang mana bakat yang sampeyan kuasai..segera diterapkan yo…huhahahahaha 😀 , wez monggo dilihat komparasinya…

Image

Nah…gimana bro…lumayan cerah to warnanya…yawes kalau begitu kangbro pamit undur diri dulu yo…maturnuwon kunjungannya..salam cicak kreatip.com

NB: untuk cara ini bisa juga diterapin pada motor motor yang memakai lampu senja lainnya.

 

 

 

 

 

37 Komentar

  1. Wong lampu sein & senja warnanya sengaja dibuat beda kok malah dibuat sama?
    Jadi lebih baik kalau lampu sein mau buat lampu senja sebaiknya lampunya dikerok dulu pakai cutter biar catnya hilang.
    Meskipun hasil warnanya sama kayak lampu senja original tapi kan lebih terang & gak menyalahi undang2..
    Dalam undang2 lampu posisi depan (lampu senja) warnanya putih atau kuning muda & lampu penunjuk arah warnanya kuning tua dengan sinar kelap-kelip.
    Kalau ada polisi yg cari2 kesalahan bakalan kena ente.. 😀

  2. yang jelas kalo pake lampu sein yang berwarna.. bakalan kebakar… tuh cat candy tone di bohla sein.. akirnya reflektor gosong…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*