Injeksi : Pentingnya Perawatan Injector Pada Motor Injeksi…

yamaha jatim yamaha jatim

GambarBro dan sis semua..marak sekali teknologi yang digunakan pada kendaraan roda dua akhir akhir ini telah menganut sistem injeksi, selain lebih irit, teknologi injeksi juga lebih rama terhadap lingkungan sekitar.

Sistem injeksi pada dasarnya dalam menyuplai bahan bakar kedalam ruang bakar sangat berbeda jika dibandingkan dengan sistem karburator, dimana kalau karburator menyuplay campuran bahan bakar dengan udara berdasarkan perbedaan tekanan, sedangkan injeksi berdasarkan tekanan tinggi yang dihasilkan oleh fuel pump.

Sering kita melihat bahawa pada karburator terdapat sebuah spuyer-spuyer kecil didalamnya, dengan beberapa spuyer yang memiliki lubang-lubang kecil layaknya suling…biasanya kalau kotor pasti performa dari kendaraan tersebut akan berkurang, entah motor dalam kondisi idling atau dalam akselerasi, dari semua itu maka biasanya kita lakukan pembersian pada komponen tersebut. Layaknya karburator..motor injeksi juga mempunyai lubang inti yang bertugas sebagai penyuplay bahan bakar, biasanya kita mengenalnya dengan sebutan injector…

instagram cicakkreatip.com moladin

Singkatnya injector adalah suatu komponen dalam sistem injeksi yang bertugas sebagai pengkabut bahan bakar bertekanan yang disuplay oleh fuel pumpm (pompa bahan bakar), selain bertugas untuk menyuplay bahan bakar ke dalam ruang bakar, pastinya bahan bakar yang di suplay juga harus memiliki ritme, dimana pada saat injctor mengabutkan bahan bakar pastinya memiliki waktu semprot tertentu, tergantung dari si pemberi komando, yakni engine control unit dari sistem FI tersebut. Nah si otak dari sistem FI yang biasanya disebut dengan ECU/ECM dan kawan kawannya tersebut akan memberikan komando berdasarkan kondisi mesin itu sendiri, hal ini didapati dari laporan yang dikirim oleh sensor sensor yang terpasang pada seperangkat unit FI tersebut.

GambarLayaknya hidung manusia, jika dipakai terus menerus untuk menghirup oksigen, pastinya lama kelamaan akan tersumbat, dimana terdapat beberapa kotoran yang nempel didalam hidung kita, tau sendirikan apa yang kangbro maksud itu..? 😀 Nah…maka dari itu mungkin setiap hari atau 2 hari sekali kita pasti membersihkan hidung kita, supaya kotoranya keluar… 😀

Cerita mengenai hidung diatas, hampir sama jika diterapin pada injector, meski tugasnya menyuplay bahan bakar saja, pasti disitu didapati kotoran yang menyumbat lubang lubang yang ada di injector…maka dari itu, biasanya pabrikan menyarankan bahawa jika suatu kendaraan sudah mencapai kilometer tertentu, kendaraan wajib untuk melakukan perawatan pada injector. Jika tidak..yo resiko ditanggung penumpang…hehehe.

Seperti yang kita tau…bahawa injector bertugas sebagai suplay bahan bakar bertekanan dengan lubang lubang kecil yang ada di ujung injector, nah jika salah satu lubang ada yang tersumbat, maka setidaknya bahan bakar yang disuplay akan berkurang debitnya, atau bias bias bahan bakar ngak akan keluar, nah hal tersebut resikonya pasti yang pertama dirasakan adalah performa dari motor akan terasa berkurang, seperti tarikan motor berat, motor sulit sekali mencapai top speed, kondisi konsumsi bahan bakar boros, tarikan berebet, motor sulit sekali di hidupin saat dipagi hari, bahkan bisa bisa motor ngak akan mau dinyalain sama sekali soalnya kurangnya suplay bahan bakar, dll.

Nah…maka dari itu kita diwajibkan untuk membersihkan komponen injector, dimana waktunya disesuaikan dengan priode berkala yang di terntukan oleh pabrikan, kalau ngak tau ya lebih amannya kita konsultasikan ke bengkel resmi yang bersangkutan. Oh iya…untuk kondisi dari injector juga dipengarui oleh penggunaan bahan bakar itu sendiri, dimana kualitas dari bahan bakar sangatlah menentukan akan kebersian dari injector.

By : Abd. Majid I cicak kreatip.com

28 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*