Yamaha Soul GT : Pakai velg 17 dan Shock Belakang Yamaha X-Ride… Koyo’e Mantep….!!!

yamaha jatim yamaha jatim

GambarBro dan sis… layaknya sebuah toko yang selalu jadi tujuan para konsumennya, taklain lagi jika barang yang kita cari di toko tersebut kita dapati, atau pelayanan yang memuaskan terhadap diri kita selaku konsumen. Nah sedikit arti dari penjelasan tersebut, kangbro juga pingin warung kecil kangbro ini setidaknya menjadi rujukan bagi para pengunjung yang membutuhkan sebuah informasi yang sifatnya memberi pengetahuan baru, dan tentunya pelayanan terhadap pengunjung juga kangbro utamakan…

Berbicara mengenai pelayanan yang memuaskan bagi para konsumen, maka kangbro sedikit merealisasikannya dengan sedikit menjawab requezan komentator yang telah mengisi pada kolom komentar kangbro di artikel waktu lalu (klik disini untuk melihat komentar). Sepeti tema yang kangbro angkat, yakni tak lain lagi sebuah permintaan yang topiknya mengenai penggunaan velg 17 dan shock Yamaha x-ride pada soul GT, kayak apa tampilannya, wah wah wah… motor matic pakai velg  17, gimana ceritanya tu..? Nungging ngak yo..? Nah biar ngak pada penasaran monggo di plototi tampilan gambar Soul GT yang ada diatas.

Nah gimana kesan anda saat melihat tampilan si GT tersebut..? emang sedikit halus dalam perubahannya, tapi mungkin hal ini setidaknya menjadi gambaran tersendiri bagi brosis semua, terutama yang suka gonta ganti organ motor kesayangannya.

instagram cicakkreatip.com moladin

GambarOkedah… monggo kita bahas satu persatu ya biar tambah ajib. Pertama Yamaha Soul GT ini menggunakan jenis tipe velg rossi dengan ukuran 17, lah opo ngak ngasruk/natap mazbro,  jawabannya tidak, kalau ban yang kita pasang disesuaikan, lah berarti bannya gak bisa std dong..? yupz… betul, berarti melanggar peraturan pak polisi dong..? lah wong namanya nuruti keinginan pasti apapun dihalalkan bro..hehehe masuk ngak…!!!

GambarDari segi velg tentunya ngak enak kalau ruji dan bos bosan ngak diganti, maka dari itu terlihat sedikit dilakukan penyesuaian pada bos depan dan belakang. Dilakukannya penggantian disc brake depan juka wajib dilakukan, supaya tampang kaki kakinya jadi lebih manis. Oh yo bro, berhubung velg depan dilakukan penggantian dengan diameter yang lebih besar, maka tentunya sedikit pemotongan air scoop bagian depan harus dilakukan juga, biar ngak ngasruk bro..!!! (lihat Gbr No. 2 dari atas)

GambarMasih pada bagian depan, penggantian handel atau tuas rem depan belakang juga dilakukan, dengan memperlihatkan kesan yang mewah (mepet sawah). Dari depan kita merujuk ke bagian belakang, dimana velg juga diganti seperti velg depan, yakni ukuran 17. Bos belakang juga diganti dengan tampilan yang lebih kinclong,

Penggantian juga terlihat dari sisi peredam kejutnya, yup seperti yang sampeyan lihat, shock belakan telah diganti dengan menggunakan milknya Yamaha X-Ride, dengan tampilan shock yang lebih panjang, dan tentunya lebih empuk. Lah apakah ngak ngasruk ke filter udara…? lah wong diameternya saja lebih besar dari std. shock bawaan soul GT…!! Santai bro, meskipun diganti dengan miliknya X-Ride tetap aman kok, jarak shock  dengan filter udara masih aman aman saja. (lihat Gbr dibawah ini…)

GambarDengan aplikasi shock belakang milik X-Ride dan penerapan velg depan belakang ukuran 17 maka setidaknya ground clearance (jarak terendah dengan tanah) semakin tinggi. Walhasil, yang namanya standard samping sama tengah juga kudu dirubah, lah terus pakai miliknya apa yang cocok..? ngak jauh jauh bro..monggo pakai miliknya X-Ride saja, pas kok.

GambarOkedah, sedikit lebar ulasan dari kangbro yo hehehe 😀 Nah bagi yang pingin aplikasi model motor ini, ni kangbro kasih bocoran mengenai biaya atau harga yang harus di rogo oleh anda semua, monngo diintip :

NB: Harga update terhitung saat artikel ini dirilis ::::

No. Nama merk Qt harga
1 Velg depan rossi 1 pasang Rp. 300,000
– depan (17×140)
– belakang (17×180)
2 Cakram depan TDR 1 RP. 120,000
(MW. Th 3mm)
3 Ruji-mio ring 17 2 set Rp. 35,000
(depan, belakang)
5 Bos depan & belakan 2 Rp. 275,000
6 Shock belakang X-Ride std Yamaha X-Ride 1 Rp. 255,000
7 Standard samping & tengah std Yamaha X-Ride 1 set Rp. 100,000
8 Handel rem Ride IT 1 pasang Rp. 150,000
– depan
– belakang
9 ban  depan belakang Mizzle 1 pasang Rp. 210,000
( 60/80 )

83 Komentar

      • Kangbro..makasih nih..pertnyaan ane udah dijadiin arsip di blognya kang bro..ane ada prtnyaan sdkit nih..
        1. Velg 17 itu artinya besar lingkarnya lbh besar dr velg standart nya mio gt ya kang? Artinya velg 17 bisa mengimbangi tingginya shock x-ride kan ??
        2. Bgmn dgn motor standar dgn velg standar tp mggunakan shock x-ride ?? Pasti jarak ban nya jg cukup jauh dgn spatbornya ?
        3. Dgn kondisi stndar yg sy mksud pada nmr 2.. kmgknan besar,posisi shock dan filter pasti sngat dempet..bahkan bs mmbuat kemiringan filter jg miring drastis
        4. Berat ane 69 kg,istri ane 75 kg..apakah saat suspensi bekrja berat bgt akan mentok sm filternya??

        • sama sama bro.. thanks juga sudah setia berkunjung di blog kangbro ini.. 😀

          kangbro jawab ya pertanyaannya… 😀
          1. Velg 17 itu artinya besar lingkarnya lbh besar dr velg standart nya mio gt ya kang?
          jawab : betul…ukurannya lebih besar bro.. dari std soul GT..

          Artinya velg 17 bisa mengimbangi tingginya shock x-ride kan ??
          jawab : bisa juga dibilang begitu, tapi kalau pakai velg std juga ngak ada masalah..toh yang dimintak cuma tampilan + kalau pakai velg 17 pastinya ground clearance (jarak terendah yang menyentuh tana) lebih tinggi.

          2. Bgmn dgn motor standar dgn velg standar tp mggunakan shock x-ride ?? Pasti jarak ban nya jg cukup jauh dgn spatbornya ?
          jawab : betul…tapi ngak jauh jauh amat kok bro…sama seperti penerapan pada mio-j ,lihat disini http://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/08/01/mengganti-shock-absorber-belakang-mio-j-dengan-miliknya-x-ride-ground-clearance-lebih-tinggi/

          3. Dgn kondisi stndar yg sy mksud pada nmr 2.. kmgknan besar,posisi shock dan filter pasti sngat dempet..bahkan bs mmbuat kemiringan filter jg miring drastis.
          jawab : ngak ada masalah bro… masih aman jaraknya, masih dalam range yang normal, toh shock x-ride dan soul gt, panjangnya ngak terlalu besar selisihnya, jadi masih aman bro…

          4. Berat ane 69 kg,istri ane 75 kg..apakah saat suspensi bekrja berat bgt akan mentok sm filternya??
          jawab : kalau beratnya segitumah, kemungkinan masih aman aman saja, tetapi kalau emang mazbro merasa ragu, bisa dilakukan seperti yang kangbro lakukan. Yakni dengan memotong sedikit bagian ujung filter yang berdekatan dengan shock, dipotongnya secukupnya saja..bro biar ngak bocor filternya 😀 …

          sekiranya ada kesalahan atau kekurangan dalam menjawab, mohon dimaafkan…
          tahanks atas pertanyaannya bro… maturnuwon…

  1. Info bermanfaat neh^_^

    kang bro mau tanya neh, kalau misalkan standar samping + tengah, ma shock X-Ride di aplikasikan ke mio Smile 2009 bisa gak yah ? mantap tuh koyo’e, mohon penjelasannya donk kang bro, ane minat bgt tuh 🙂 thank’s seblumnya kang bro…

  2. permisi kangbro ^_^

    mau tanya ni kangbro .. klo cuma dgnti velg doank pke ukuran sgitu, kira” ada yg nyarug ga tuh?? apa klo pke velg 17 msti pake juga shock yg lebih tinggi ??
    mohon pencerahannya kangbro..
    terimakasih 🙂

  3. Klo beli Standar tengah x-ride hrs sm ver dan as standar apa gak gan,,,,??.
    Ver dan as standar Apa sm aja kaya punya mio GT.

  4. Itu ganti std samping dan tengah x-ride ikut per nya diganti juga punya x-ride bro? atau per bawaan motor bisa di pakai? Motor ane MIO Smile 2011.
    Kesian mionya kena jalan gak mulus shock depan keras ( wajib ganti shock depan x-ride biar lembut)
    Kalau std tengah selalu cium lantai, ban belakangnya( wajib ganti std tengah )
    Kalau boncengan ama istri dan anak selalu cium kolong spakbor belakang atas 🙂 ( wajib ganti shock belakang x-ride)
    ane pakai ring 16, depan 70/90 & belakang 80/80

  5. Bro,mau tanya.. Soul gt saya standart velg nya ring 14. Ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14. Dengan shock standart bawaan pabrik. Na saat di standart tengah ban belakang ngpress skli dg tanah. Klo lurus tanahnya ad sedikit skli rongga celah ban dengan tanah. Yg mw sya tnyakan.
    1. Rencana shock blkgnya mau ta ganti dengan shocknya vario 150. Apakah lebih tinggi ya.dn standart tengah apa harus diganti?
    2. Panjangnya standart tengah soul gt bawaan pabrik dg x ride panjang ketinggiannya selisih beda berapa cm bro?
    3. standart tengah x ride tinggal plug & play di pasang di soul gt? .mksh banyak atas jawabannya….

1 Trackback / Pingback

  1. Ganti Shock Belakang Yamaha Namx dengan milik Xride..! | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*