Pengertian Torsi / Torque (sumberdaya energi – 8)

yamaha jatim yamaha jatim

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8

Brosis…sampeyan semua paham terhadap torsi ngak..? banyak orang bilang kalau motor mempunyai torsi yang besar dianggapnya tenaga motor tersebut sangatlah kuat,  torsi bisa juga diartikan sebaga momen puntir yang diberikan pada suatu benda, sehingga menyebabkan benda tersebut berputar. Tosi di rumuskan dengan (Torsi “T” = Gaya “F” x Jarak “R”) yang artinya gaya dikali dengan jarak yang ditunjukkan dalam satuan kgm/kgcm, atau N.m (Newton.meter) dalam satuan SI.

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Tosi bisa diatur bro…lah iya ta..? yo’i….kita bisa memperbesar torsi dan memperkecil torsi…lah gimana caranya…? hem gampang bro, contoh yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari hari kita, dimana brosis semua pernah lihat ngak sebuah truk kontener besar yang lagi ganti roda dibahu jalan raya…?

instagram cicakkreatip.com moladin

Nah kalau diamati, baut pengikat roda tersebut sangatlah besar besar, kalau dibilang seukuran mangkok bakso hehehe 😀 , lah kalau dipikir untuk melepas baut tersebut pasti butuh tenaga yang besar, hemmm emang semua itu betul bro…butuh tenaga besar, dan juga diimbangi dengan tubuh yang seger buger layaknya atlit angkat besi, hehehe 😀 , tapi kayaknya ngak juga deh kalau kita tau rumusan akan torsi, yup…gaya dikali dengan jarak…dimana gaya yang diberikan cuma sedikit tapi hasilnya sangat besar.

Hal tersebut ternyata diterapkan oleh pak sopir yang ganti roda mobil tersebut. Dimana mereka nambahin lengan kunci dengan pipa panjang, penambahan lengan kunci tersebut bisa mengakibatkan torsi yang diberikan pada baut roda tersebut semakin besar. Jadi wajar kalau pak sopir cuma memberikan tekanan (gaya) sedikit, baut sudah terlepas…(enteng bro)

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Nah untuk masalah panjang, hal ini kalau diumpamakan dimotor pasti mirip seperti stang piston (connecting rod) dimana komponen tersebut juga diatur panjangnya, dimana ada yang menggunakan stang pendek dan panjang (motor langkah panjang dan pendek). Hal tersebut juga terdapat hubungan sama torsi yang dihasilkan, buktinya motor yang menggunakan stang pendek atau panjang performa yang dihasilkan juga berbeda beda..

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Selain pada stang piston, torsi didalam mesin juga diterapkan pada gigi percepatan, dimana pengtauran torsi didapat dari perbandingan jumlah gigi. Contohnya, jika kita mau start awal pasti bebanyang diterima oleh mesin sangtlah besar karena motor masih belum bergerak sama sekali, hal tersebut membutuhkan tenaga/torsi yang besar pula, nah dari situlah kita langsung masukkan gigi 1 toh untuk mulai berjalan, karena apa..? karena gigi 1 disitu sudah diatur dari perbandingan jumlah giginya, yang mana torsi yang dihasilkan lebih besar dari gigi yang lainnya (gigi 2-3 dan seterusnya).

Seperti yang kang Majid bilang, tiap gigi mempunyai nilai torsi yang berbeda, sepertihalnya gigi 3, 4 dan seterusnya, semakin tinggi tingkatan gigi yang kita gunakan, maka torsinya juga semakin kecil, karena apa…? karena taklain lagi semakin kita menggunakan gigi menuju top gear, maka semakin cepat pula laju motor, imbasnya motor tidak membutuhkan tenaga/torsi yamg besar.

Coba saja kalau ngak percaya sampeyan, gigi 4 dibuat jalanin motor pertama kalai (start awal) apa ngak molor tarikannya, kayak siput  ikut marathon GaGaGa 😀 so…torsinya gigi 4 emang tidak sebesar gigi dibawahnya termasuk gigi 1 tadi. Ok dah…sekian dari kang Majid…maturnuwon.

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

 

25 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Pengertian Horse Power (Hp) atau Daya Kuda (DK) Dalam Otomotif… Sumber Daya Energi-09 | cicak kreatip

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*