yamaha jatim
yamaha jatim
yamaha jatim

GambarBro dan sis semua…seperti yang kangbro lontarkan pada artikel kangbro kemarin (klik disini untuk melihat) bahawa tepat pada Tgl. 12/10/13 di sela-sela update artikelnya kangbro akan di bumbui dengan sedikit edukasi mengenai otomotif, khususnya yang berhubungan dengan kendaraan roda dua. Dan tentunya pembahasan akan dimulai dari penjabaran dasar sampai pada artikel selanjutnya akan menuju pada penjelasan yang lebih membutuhkan pengetahuan teknik yang lebih tinggi lagi.

Nah berhubung hari ini sudah Tgl.12/10/13 maka kangbro akan memulai program tersebut, mohon yang pingin belajar, monggo merapat.. 😀

 1.Pembahasan awal – 01

moladin

Brosis sebelum kita membahas mengenai jeroannya mesin dan tetek mbengeknya, maka setidaknya kita kudu paham dulu mengenai pengertian dasar dari mesin. Kira-kira apasih yang dimaksud dengan mesin itu..? Nah sebelum kangbro jawab, cobak anda semua jawab sesuai dengan versi pengetahuan diri sendiri…heheh 😀 (testing).

Sebenarnya kalau bisa dijabarkan secara singkat, pengertian dari mesin adalah suatu alat baik mekanik atau elektrik yang tentunya alat tersebut terdiri dari beberapa kumpulan komponen yang tidak bisa bergerak alias diam (statis), dan beberapa alat yang bisa bergerak (dinamis), nah jika kedua komponen tersebut digabungkan atau di rangkai menjadi suatu kesatuan, maka komponen tersebut dapat menghasilkan suatu energi, baik energi gerak maupun energi panas.

Gambar

Komponen yang Diam (statis) : Cylinder head (silinder kop/krepala silinder) ylinder body (boring),  Crankcase dll.

Komponen yang bergerak (dinamis) : Piston, Sprocket, Katup/valve,, Rocker arm, Cam chai (rantai kamprat), Camshaft (Noken AS), Connecting rod dll.

Nah berhubung yang akan kita bahas nanti adalah mesinnya kendaraan bermotor, khususnya roda dua, ya tentusaja dari awal pembahasan sampai materi terakhir nanti saya akan membahas mengenai mesin motor. Jadi ngak ada kata lain yang akan saya bahas bukanlah menjurus pada mesinnya kapal, atau mesinnya odong odong, hehehe sorry bro Cuma bercanda 😀

GambarPerlu anda semua tau, bahawa sebenarnya kebanyakan mesin yang digunakan pada kendaraan bermotor yang sering kita jumapai di jalan raya, itu sebenarnya menggunakan basic dasaran mesin tipe Motor Bakar…meski tak menuntuk kemungkinan akhir akhir ini banyak juga bermunculan motor yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energinya penggeraknya. Oke kita kembali ke motor bakar, Lah kok bisa bro dinamakan motor bakar..gimana jebusnya tu..?, jadi begini mazbro, emang benar kalau dilihat yang namanya mesin motor adalah sebagai alat penggerak daripada roda atau unit mot itu stersebut, nah anda tau ngak hasil gerakan putar yang dihasilkan oleh mesin tersebut didapat dari mana…? Hayo darimana hayo…??? Dari kaki om…hahaha itu mah sepeda ontel kamu cill, heheh dari pembakaran bro..!! Nah..kali ini jawaban kamu baru benar cill, jadi hasil dari energi atau tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin tersebut tidak lain lagi diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar itu sendiri. Jadi wajar kalau kita cenderung beli bahan bakar cair seperti premium, pertamax, dll. sebagai konsumsi atau minuman buat kendaraan bermotor kita.

Jadi pada intinya sebenarnya bahan bakar yang kita beli tersebut taklain lagi akan dijadikan sebagai bahan utama untuk mendapatkan pembakaran, dan tentunya dari hasil pembakaran tersebut akan timbul sebuah energi panas yang nantinya akan dirubah menjadi energi mekani, dengan metode yang berbeda beda, tergantung dengan tipe atau jenis motor bakar yang dianut.

Ucill : lah kok kudu pakai bahan bakar cair om..? toh ada bahan bakar yang padat..!! tu kayu glondongan heheheh).

Jawab : Nah itu tandanya ilmu kamu mengenai mesin masih cetek, alias masih dangkal cill..soalnya ada juga motor bakar yang memakai kayu glondongan loh…kayu jati lagi hehehe. Nah biar kamu ngak salah kapra kayak begini, mending ikutin terus artikelnya kangbro ini. Pasti kamu akan menemukan jawabannya..!! Ente Faham Cill..

Ucill : Faham Pak Guru…Hehehehe 😀

baca pembahsan selanjutannya… I baca pembahasan sebelumnya…

Bagi yang kurang jelas atau bagi suhu-suhu enginers lainnya yang merasa penjelasan ini kurang, mohon ditambai sendiri, anggap saja rumah sendiri…asek asek.

 cicak kreatip.com I By: Abd.Majid

Anak bangsa yang peduli akan kecerdasan bangsa.

36 KOMENTAR

  1. akan lebih tepat jika judulnya “Pengertian Dasar Terhadap Motor Bakar – 01”
    tanpa ada embel2 “mesin”……..krn mesin dg motor itu sangat berbeda lho,
    mesin bubut tidak sama dg motor bubut kan….?
    mesin fotocopy tidak sama dg motor fotocopy ya..?
    mesin ketik masak sama dg motor ketik…hee hee hee….

    • jos masukk…. ulasannya bro firda.. em bener juga ya.. heheh 😀 , tapi kalau kangbro boleh jabarkan yang namanya mesin itu dikelompokkan menjadi beberapa hal, diantaranya ada mesin berbasis mekanik, ada mesin berbasic elektronik. untuk penggunaannya menyesuakian dengan diterapkannya mesin tersebut, contohnya seperti yang mazbro ulas yakni ada mesin bubut, ada mesin fotocopy yang cenderung pada elektronik. Nah berhubung yang kita bahas kali ini mengenai mesinnya kendaraan roda dua, maka kangbro kaitkan dengan mesin yang banyak dianut oleh kendaraan tersebut. yakni jenis motor bakar….begitu bro.. (pemikiran kangbro : )

  2. […] Salam hangat dari anak bangsa… Bro dan sis semuanya, kali ini tepat hari seni…kita jumpa lagi dalam konsep sharing bersama mengenai otomotif. Sebelumnaya kemarin kangbro sudah jabar lebarkan penjelasan mengenai dasar-dasar dari sebuah mesin/engine, yang pada intinya penjelasan menjurus pada arti daripada mesin itu sendiri. Setidaknya sedikit banyak sudah kangbro jabarkan di artikel kemarin (klik disini untuk melihat artikel). […]

  3. Bro, mestinya bengkel-bengkel di Indonesia itu dikasih training mengenai pelayanan yang baik. Jangan suka mengganti mur-sekrup dan onderdil lainnya seenaknya sendiri. Sebab pengalaman saya, saat nyervis motor rongsok justru onderdil yang ori malah dicolong dituker yang imitasi. Contoh gampangnya selang bensin, atau sekrup rem dll Terus, onderdil bekas mestinya dikembalikan pada pemilik, bukan malah disuruh untuk ditinggal. Cakram bekas, aki bekas, rem cakram glondongan, pokoknya semua harus dikembalikan meski itu ban bekas. 🙁

    salam.

    • waduh….
      setau saya setiap perusahaan atau bengkel resmi. seperti Yamaha, Honda, Suzuki,Kawasaki dl (kecuali bengkel umum)l. pastinya sudah dikasih bekal training mengenai etitut pelayanan yang baik terhadap para konsumen bro, terutama hak hak yang harus diterima oleh para konsumennya. semua sudah pasti dibekali..soalnya akalau tidak ya otomatis nama baik dari bengkel resmi dari perusahaan tersebuk akan jelek, dan tentunya menjadikan para konsumen kaburr ke prodak lainnya. tetapi ngak tau juga kalau management bengkelnya yang salah, atau bengkel tersebut masih belum di bumbui dengan training…koyo’e gitu sih bro, kalau emang terjadi seperti itu mazbro bisa ngadu tu ke pimpinan bengkel, ada undang undang mengenai hak konsumen bro,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here