Motor metik bunyi cit…cit saat lewati polisi tidur…? kang Majid punya resep untuk ngatasinnya…!!!

yamaha jatim yamaha jatim

GambarBukak titik Josss… wkwkwk sedikit opening hangat buat artikel yang akan kang majid ulas kali ini… seperti yang Anda baca pada judul diatas… motor matic bunyi cit..cit… saat melewati polisi tidur, kok bisa yo…!?  Ag….kemsukan tikeus itu… 😀Mungkin brosis semua yang dalam kesehariannya menggunakan motor metik, pasti setidaknya pernah merasakan apa yang kang majid alami kali ini…dimana pada akhir akhir ini…ketika kang Majid mengendari si motor matik kesayangan, tepatnya dua hari ini ada suara yang kurang mengenal ditelinga… terutama munculnya suara tersebut ketika motor dibuat melibas polisi tidur… “ cit…cit…cit” suaranya kayak tikus rumah 😀 meski suaranya ngak keras, tetapi suara tersebut setidaknya membuat telinga ngilu abizzz 😀

Gambar

Dengan besik pengetahuan yang ada, setidaknya kang Majid lakukan analisa pada motor …dengan mendengar suara yang ditimbulkan, sontrek terdengar dengan jelas suara tersebut timbul paa bagian CVT (continuosly variable transmision). Dengan demikian pembongkaran dilakukan pada bagian CVT, dan ka;a itu kang Majid mengamati kondisi komponen-komponen yang terpasang pada sistem tersebut…(V-belt, clutch housing-clutch carrier, roller weight, dll ).

instagram cicakkreatip.com moladin

Gambar

Setelah tahap pengecekan dilakukan…dengan menempatkan tersangka utama pada bagian komponen-konponen CVT, eh ternyata kang Majid menemukan bagian rumah kopling (clutch housing) sama sepatu kopling (clutch carrier) telah terdapat kotoran yang menumpuk…dan juga terlihat kondisi clutch housing (rumah kopling) yang sedikit terkikis akibat pemakaian yang abnormal (gaspol Rem dol) konsisi fisik yang terlihat pada clutch housing sedikit terdapat perubahan, permukaan yang bersinggungan dengan clutch carrier terlihat sangat halus…akibat hal tersebut maka dapat dipastikan bahwa kopling akan kesulitan dalam meneruskan putaran mesin menuju ke roda, dan akhirnya terjadilah selip, dapat kita artikan bunyi cit… cit… tersebut didapat dari efek kopling sentrifugal ( kopling ganda ) mengalami slip ( kegagalan menyalurkan tenaga mesin ).

GambarGambar

Setidaknya sudah kang Majid  jelasin tadi, bahwa tidak lain lagi penyebap selipnya kopling dikarenakan terdapatnya kotoran pada  clutch carrier (sepatu kopling), dan terkikisnya permukaan clutch housing (rumah kopling). Dengan demikian tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan clutch carrier dengan sedikit amplasan pada permukaan yang bersinggungan dengan clutch housing (lihat Gbr.1) supaya kotoran bisa terkikis.

Selanjutnya dikarenakan permukaan clutch housing yang terkikis dengan imbas permukaan clutc housing yang lebih halus (licin) maka kita perlu juga memberi sentuhan sedikit pada permukaan yang bersinggungan tersebut, ngak jauh berbeda dengan apa yang kita lakukan pada clutch carrier…yakni dengan cara mengamplas permukaan yang bersinggungan pada clutch housing supaya lebih kasar permukaannya..dan tentunya clutch carrier bisa lebih menggigit pada clutch housing  (Lihat Gbr. 2)

Nah demikian sedikit penjelasan yang bisa kang Majid bagi, jika mengalami hal tersebut monggo di cuba resep ini…mudah mudahan bisa bermanfaat bagi bro & sis semua 😀 – cicakkreatip.com

Email           : adm.cicakkreatip@gmail.com

Facebook    : cicakkreatip@gmail.com                                                                                  

Twitter        : @cicakkreatip

BBM            : 7D7DBA51

WhatsApp  : 085733637733

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

34 Komentar

  1. tips yang bagus…
    saya mau nanya bos.. yamaha mx saya stangnya kemarin “ngelock” ditengah (kalau pas posisi tengah terasa ada yang ganjel)… trus saya bawa ke bengkel locknya ilang tapi kalau lewat polisi tidur kok bunyi “klutuk2” gitu ya?
    mohon petunjuknya..

  2. Saya punya motor beat f1 kalo di tarik gas bunyi ‘tok’ begitu juga sebaliknya kalo di lepas gas. Mohon penjelasannya. Terimakasih

  3. om itu ngamplasnya sekedar ngamplas ato mpe gmn? maksud e mpe permukaan spatu e jadi kasar lg ato mpe halus?

    trus yg ngamplas rumah mangkok kopling e itu juga gmn ngamplas e? mpe berasa kasar apa mpe halus kalo?

    n pake amplas yg halus sedang pa kasar?

    mio j ane gredek” n geter…kmrn udah ganti vbelt roller n per cvt skalian service besar (g tw kopling n mangkok e dibersihin apa ga)
    baru dipake seminggu gredek” e kumat lg

    malah ane komplain lagi ke beres malah suruh ganti mangkok n kopling ganda e 370rb..
    hadeh

    mio j ane km 28rb (pemakaian normal ga alay n perawatan sesuai buku pedoman)

    mohon bantuannya om

  4. makasihpnjlsannya kang majid. sya sdh 2 mnggu dkbkin bingung sma si anak tikus itu. trnyata itu pnyebabnya ya. okok….thnks so much

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*