yamaha jatim
yamaha jatim

Gambar

Bro dan sis semua…….. mungkin sering anda lihat bahwa beberapa orang telah mempercantink motornya dengan pernak pernik berupa stiker cutting…mungkin juga ada beberapa pernak pernik stiker yang secara standard telah dipasang oleh pabrikan pada kendaraan produksinya. Mungkin stiker yang terpasang bisa dibilang sebagai suatu pemanis  untuk kendaraan tersebut, tetapi ada juga stiker wanti-wanti atau  stiker pemberitahuan  yang ditunjukkan kepada pengguna kendaraan tersebut.  Cobak anda lihat beberapa motor yang anda jumpai, terutama anda focuskan pandangan anda pada bagian komponen air cleaning ( filter udara ) pasti disitu pada cover luarnya anda jumpai stiker yang terpampang muanis dengan beberapa kata wanti wanti disitu…( lihat gbr. diatas ).

moladin

Gambar

Mungkin dari membaca orang bisa tau, mungkin kata kata tersebut sama halnya seperti  artian dari stiker yang nempel tersebut. Intinya dari tulisan tersebut adalah kita sebagai para konsumen pengguna motor dilarangan membuka boks air filter… kecuali ada penggantian filter udara dengan filter baru, dalam artian stiker tersebut difungsikan sebagai segel boks filter…. ( lohhhh”….. terus untuk membersikan filternya gimana dong… 🙄 …!? ).

Ok kangbro jelasin… bro dan sis sekalian, yang namanya filter udara bisa kita bilang ada dua macam, yakni tipe filter udara kering  dan filter udara tipe basah . Nah untk boks filter yang ada segelnya biasanya cenderung diterapkan pada jenis filter udara tipe basah, tau kenapa…?? soalnya yang kita tau, bahwa pada filter udara tipe basah terdapat sebuah cairan yang secara khusus diberikan pada bagian filter ( cairan pengikat debu ). Nah berhubung adanya cairan tersebut, maka kotoran berupa debu atau partikel-partikel kecil lainnya akan terperangkap dalam cairan yang ada dalam filter tersebut… terus cara bersikannya gimana dong….??.

Gambar

 Mungkin untuk filter tipe kali ini tidak dianjurkan untuk dibersihkan…tetapi lansung diganti dengan filter yang baru, dengan patokan penggantian melihat jarak tempuh (KM) dari kendaraan yang bersangkutan. Kalau dibersihkan efeknya apa om…?? kalau kita bersihkan memeakai bensin sudah pasti malah akan memperparah kondisi filter… soalnya kalau kita lihat filter basah, biasanya dilengkapi dengan dinding saringan berupa kertas… nah kalau kita tau bahawa kertas pasti mempunyai pori pori dan kertas sifatnya akan hancur  jika terkena cairan, baik air atau bensin . Nah saat terjadi seperti itu maka pori pori yang ada di kertas akan menutup.. wherrr tau sendiri kan kalau pori menutup pasti udara ngak akan bisa melewati filter….( filter tersumbat ).

Terus bisa ngak pakai semprotan air bertekanan dari compressor…?? OK kangbro jawab… mungkin kalau filter tipe kering bisa kita bersihkan memakai udara bertekanan… tetapi kalau tipe basah tidak dianjurkan untuk memeakai udara bertekanan, percuma…. soalnya kotoran atau partikel partikel debu sudah terperangkap dalam cairan, jadi kotoran sangat susah hilang kalau cuma memakai udara bertekanan… kebalikannya kalau pakai cairan malah tersumbat…( seperti penjelasan diatas ), jadi jalan satu satunya adalah mengganti dengan filter yang baru… alias di LEM BIRU ( lempar ganti yang baru )…. betool 😀

Nah bro sis sudah pada tambah to pengetahuannya, mungkin ada yang mau nambahin monggo… sekian dulu ulasan dari kangbro…. kangbro pamit sekali lagi untung ngilang yo… clinggg…. 🙄

BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. itu motor apa to?

    jadi intinya, filter tipe basah itu ngga boleh dibersihkan. diganti sekalian kalau sudah masanya diganti.

    nah, kalau filternya diganti, stiker segelnya harus ikutan diganti dong??? hehe

    :mrgreen:

    • ea kang bro… tiap beli filter baru disertain dengan stikernya.. jadi satu paket kang… coba perhatiin motor yamaha mio kang.. soalnya saya kemaren ganti entu filter.. eh ternyata teknisi bere yamaha ngasih stiker baru tu ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here