Advertisements
jump to navigation

Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi …… Agustus 15, 2013

Posted by cicakkreatip in : Tips Motor , trackback yamaha jatim cicakkreatip

Gambar

Brosis semua….sampeyan mungkin sudah tau bahwa yangnamanya kendaraan roda dua yang anda kendarai sehari hari pasti dalam sistem enginenya sudah dilengkapi dengan yang namanya sistem pendinginan. Perlu kita reviw sekali lagi bahwa ada beberapa sistem pendinginan yang dianut oleh beberapa kendaraan yang kita tunggangi, anatara lain sistem pendinginan yang sederhana yakni sistem pendinginan udara bebas atau udara alami, sedikit penjelasan mengenai sistem pendinginan ini, kita tau untuk jenis pendinginan ini biasanya diterapkan pada motor motor yang berkapasitas kecil dan motor yang memiliki desain posisi mesin yang berada di luar, alias mesin tidak tersembunyi di dalam, biasanya cirri cirri motor yang menggunakan pendinginan ini pada blok cylinderya terdapat sirip-sirip pendingin.( Gbr. no. 03 ).

Setelah pendinginan udara alami disini dilanjutken dengan tipe pendinginan udara tekan, yakni sistem pendinginan yang mengandalkan sebuah bantuan kipas untuk membuat udara dapat bersirkulasi kedalam sela sela mesinnya, cirinya pada pendinginan tipe ini biasanya mesinnya dilengkapi dengan cover penutup yang bertujuan sebagai pembungkus mesin, dengan harapan udara yang disirkulasikan bisa secara maksimal melewati sela sela mesin yang ada, dalam pendinginan tipe ini juga pada cylinder bloknya masih menggnakan sirip sirip pendingin juga, biasanya tipe seperti ini diterapkan pada motor yang memiliki tipe engine tersembunyi alias mesinnya berada di dalam yang tidak bisa dilewati udara alami ( Gbr. no.02 ) ex: mesinnya motor matic .

Untuk yang terakhir biasanya tipe ini diterapkan pada motor yang membutuhkan pendinginan yang bagus dan biasanya motor yang mempunyai kapasitas mesin yang cukup besar , sistem pendinginan ini biasanya disebut dengan sistem pendinginan liquid ( tipe cairan-tipe radiator ). Ciri pendinginnan ini kalau kita lihat pada cylidernya terdapat yang namanya water jacked ( mantel air ) dan cenderung pada didnding luar cylindernya tidak memiliki sirip sirip pendingin. Pada tipe ini juga dilengkapi dengan kipas pendingin yang bertugas sebagai pembantu saja, Untuk pendinginan ini cenderung pernak pernik yang digunakan cukup banyak jika dibandingkan dengan tipe pendinginan sebelumnya ( Gbr.no.01 ). Ex : motor sport ( Yamaha V-ixion, Kawasaki Ninja, Honada CBR, dll.

Nah sengaja kangbro jelasin secara singkat mengenai sistem pendingina tersebut supaya sampeyan bisa sekali lagi merifresh pengetahuannya mengenai sistem pendinginan. Walaupun pada umumnya mungkin sudah banyak bahasan mengenai sistem tersebut.

Untuk kali ini yang kangbro bahas lebih lanjut adalah yang berhubungan dengan sistem pendinginan tipe liquid ( tipe radiator ). Mungkin pada tipe pendinginan ini ada beberapa hal yang sepele tetapi bisa mengakibatkan dapat berkurangnya kemampuan pendinginan daripada sistem pendinginan tersebut, kali ini kangbro ambil contoh satu saja  cobak sampeyan lihat gambar kangbro dibawah ini……………………. ( Gbr.no.04 & 05).

Gambar

Pada gambar tersebut menunjukkan bagian dari radiator yakni menunjukkan sirip sirip pendingin radiator yang masih dalam kondisi bagus ( Gbr.no.04 ) dan kondisi sirip sirip dalam keadaan tidak bagus..( Gbr. no.05 ) terlihat bahwa pada sirip sirip mengalami penyok ( gepeng ), mungkin hal tersebut terjadi karena secara tidak sengaja terkena tangan  watu kita membongkar radiator, mungkin terkena benturan benda-benda luar padasaat kita berkendara , atau karena faktor faktor lain.  Penyoknya atau gepengnya sirip sirip pendingin akana berdampak negative pada pendinginan cairan pendingin yang berda di dalam radiato, soalnya ketika sirip sirip penyo atau gepeng udara dari depanradiator ngak bisa lewat sela sela radiator yang harapannya sebagai pendinginan panas cairan pendingin yang sudah dihantarkan oleh sirip sirip tersebut.

Mungkin secara tidak sadar kejadian gepeng atau penyoknya sirip sirip pendingin telah terjadi pada radiator motor anda, mungkih hal gambar kangbro dibawah ini adalah tindakan yang bisa anda lakukan sebagai tahap perbaikannya, yakni dengan memperbaiki kembali bentuk daripada sirip sirip pendingin dengan menggunakan obeng kecil ( Gbr. no.06 ),  butuh ketekunan dan kesabaran ya untuk melakukan hal tersebut, tetapi kalu emang sudah terlalu parah monggo sebagai saran saja lebih baik di LEM BIRU  saja “ lempar ganti yang baru “ . cocok to 😀 …..

Gambar

 Sekian materi bahasan kita hari ini…. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sampeyan para pembaca……………. kangbro pamit undur diri yo…. Maturnuwon. ngilang lagi ah… ( clinggg ) 😀

cicakkreatip
Advertisements

Komen via akun Facebook....

Komentar»

1. Mas Sayur - Agustus 15, 2013
cicakdindingkreatip - Agustus 15, 2013

wkwkwkwkw 😀 ….

2. kasamago - Agustus 15, 2013

hrsnya aman nih, udah pake cover radiator..
nice share mz bro, jd pengin ngecek neh.

cicakdindingkreatip - Agustus 15, 2013

siepp thanks bro 😀

3. Rio - Agustus 15, 2013

Nek lem biru mahal tuh paling ngga diatas 500rb ya toh?
Asal ga terlalu parah masih bisa dipake dah 😉

cicakdindingkreatip - Agustus 15, 2013

betulll ……. betul bro selagi masih bisa di perbaiki kenapa tidak …. 😀

sippppp

4. Bonsai Biker - Agustus 15, 2013

jozz, krboku lem biru habi 1,65 jeti

cicakdindingkreatip - Agustus 15, 2013

loh kok .. pantastis tu…. kok bisa bro 😀

5. rusman - Agustus 15, 2013

jossss…. masih setia sama air cool 😀

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

suwipppp haha 😀

6. Fordi - Agustus 15, 2013

nvl ane kpas radiatornya slalu muter pada saat dipakai sktr 30mnt,slain itu pnas msin cpet bgt terasa di kaki.apa itu normal?

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

masih normal kang….. panas yang terasa di kaki biasanya terasa jika kipas radiator muter …

7. WhatTheFact - Agustus 15, 2013

kalau pendinginan mesin satria F termasuk sistem apa, Bro? mungkin bisa ditambahkan :mrgreen:

iya, radiator motor ane kisi-kisinya udah pada penyok ga karuan, soalnya ga pakai cover. trus juga radiatornya (saluran yg melintang) agak bengkok ke bawah 🙁

Nofgi Piston - Agustus 15, 2013

Satria F pakai oil cooler.
Beda dengan radiator Vixion, CB150R, dan lainnya. CMIIW

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

sieppp betul 😀

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

klau yang ada di satria itu pendinginannya lebih menuju pada oli bro …. namanya oil cooling.

jadi oli mesin yang bertugas melumasi bagian bagian mesin sebelum bersirkulasi kembali, maka olinya akan di dinginkan.

sardendin sarifudin - Oktober 5, 2013

dibelakang radiator satria f dikasih kipas ajja, ku pakek kipas kecil 2 buah masing masing bertegangan 12 vol/DC.. untuk positifnya bisa ambil di bel dan negatifnya bisa ambil diground/netral/body.. jadi ini bisa meminimalisir uverhead pada satriamu

cicakdindingkreatip - Oktober 5, 2013

jozzzz… masuk juga, 😀 , oh iya bro…setelah dipakai gimana untuk batterynya apakah ngak drop ya ..?

8. Nofgi Piston - Agustus 15, 2013

Punya ane uda agak penyok, gara2 jatoh dulu.
Pengen ganti tapi blom ada duitnya nih hehehe.

http://nofgipiston.wordpress.com/2013/08/15/koil-tiger-justru-menurunkan-peforma-vixion-berecu-juken/

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

wkwkwk 😀 ….. di lem biru bro 😀

9. awansan - Agustus 15, 2013
cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

wkwkwkw 😀

10. frgoes87 - Agustus 16, 2013
cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

sip 😀

11. hendryjeeps - Agustus 16, 2013

sama seperti punya ane gan..siripnya udah belok sana sini, baikinnya biasanya ane pake tusuk gigi 😀

cicakdindingkreatip - Agustus 16, 2013

sip mausk juga…. lebih baik diperbaiki begitu gan.. dari pada pendinginannya kurang maksimal……. 😀

12. Leopold S - September 3, 2013

informatiffffff….
thanks sharingnya Bro

cicakdindingkreatip - September 3, 2013

oke…. sama sama kang bro 😀 , thanks juga sudah mau mampir yo…

13. raditya - September 9, 2013

biasanya kena kerikil tengil tuh
makanya pasang cover 😀

cicakdindingkreatip - September 10, 2013

betullll….. 😀

14. Riyan - Februari 11, 2014

Mkasih infonya, punya jg sdh ad yg penyok2 dkit, mau tk bnerin ah … emg kl gntu bru pnya CB150R sktr brp mas Bro ?? …

cicak kreatip.com - Februari 11, 2014

siep…joslah..waduh kang Majid belum pernah ganti je… 😀

15. niko - Juli 24, 2014

thanks infonya… bagus lagi neh motor ane… 😀

16. TJ - Agustus 25, 2014

Mx ane indikator nyala trus, bensin agak boros, liquit collnya penuh jga, itu knpa ya? Apa harus ganti switch otomatisnya?
Kipas jga gk mau muter ane bingung pak

cicak kreatip.com - Agustus 25, 2014

sebelumnya sekedar pengetahuan saja, kipas akan menyala di kisaran suhu 90 – 100 derajat ke atas, jika dalam kondisi suhu tersebut kipas tidak mau menyala, bisa jadi faktornya adalah:
1. kipas rusak

2. thermo sensor rusak (sensor suhu)
monggo di cek..

17. Caca Andreo - Oktober 15, 2014

Kalau kondisi mati tapi Fan/kipas masih berjalan, Apa itu boleh langsung dimatikan? Apa Ditunggu sampai Lama dulu Biar mati sendiri? Terima Kasih 🙂

18. Parjo - Oktober 16, 2014

Emang harga sirip gitu berapaan ya pasnya?-_-

cicak kreatip.com - Oktober 16, 2014

Sssy bro belinys, sirip saja ngak afa 😀

mesinjahat - Oktober 28, 2014

mas broo… vixi ane air radiatornya habis teruss….
tpi keluarnya lewat selang pembuangan…. udah ganti tutup sama aja nih….

19. Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya?? | cicakkreatip.com - Maret 10, 2015

[…] ▪ Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi …… […]

20. rohman - Juni 7, 2015

thanks brou,,,,,,,!

21. ajun - Juni 10, 2015

Trimakasih atas masukanya,dan saya sudah paham mengenai kipas pada radiator.
trimakasih bwat mbah gogle….
hehehe……

22. Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… | cicakkreatip.com - Oktober 7, 2015

[…] Seiring dengan kerja mesin secara terus menerus, pendinginan yang baik adalah menjaga suhu kerja mesin biar tetap stabil, bilang kata suhu dinging dibuat cepat panas suhu panas dibuat cepat dingin. Pasalnya jare wong pinter jargonnya begini, kalau mesin bekerja pada temperatur rendah setidaknya Hilang tenaga, Pemakaian BBM Boros, Bagian part mengalami keausan. Kebalikannya jika terlalu panas..terjadilah pembakaran lebih cepat, piston macet dan lain sebagainya. Baca juga : Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi  […]

23. adi - Maret 27, 2017

mau tanya pak. u mtr nmax. banyak variasi cvr radiatornya, salah satunya ada cvr radiator yg ada kipasnya dan lampu lednya. nakh… jika variasi cvr radiator tsb, kipasnya nyala/brputar terus, apakah dinamo kipas tsb akan meleleh/ konslet? gimana menurut pndapat bpk? thanks.

24. cicakkreatip - Maret 27, 2017

Kalau secara kinerjanya kipas radiator akan menyala disaat suhu kerja mesin mulai over heating. Dibutuhkan untuk menjaga suhu kerja mesin supaya stabil. Untuk artikelnya sudah pernah saya tulis,,,bisa dilihat disini http://cicakkreatip.com/2015/03/10/kenapa-kipas-radiator-tidak-mau-berputar-penyebabnya/

Untuk kipas mutar terus sebenarnya saran saya tidak bagus, pertama karena suhu kerja mesin sulit meningkat, usia kipas sendiri jadi kurang maksimal, dan konsumsi listrik jadi lebih besar.

Tq pertanya annya, semoga bisa menjawab apa yang mas Adi tanyakan 😀



%d blogger menyukai ini: