Fungsi lean angle sensor (sensor sudut kemiringan ) pada yamaha V-ixion

yamaha jatim yamaha jatim

Gambar

Brosis sekedar tambahan informasi saja buat para pengguna atau pecinta motor Yamaha v-ixion, mungkin bahasan yang kangbro bahas kali ini sudah pernah dibahas di beberapa situs tetapi sekedar refreshmen saja buat para pengguna motor hiii  technology ini ( maksudnya high technology bro sorry bro ). Pada dasarnya pasti bro dan sis semua udah pada tau bahwa pada motor yamaha v-ixion terdapat sebuah sensor yang bertugas sebagai pemantau sudut kemiringan. Biasanya sensor tersebut disebut oleh orang orang dengan sebutan LAS yang memiliki kepanjangan kata lean angle sensor ( sensor sudut kemiringan ). Seperti yang dijelaskan bahwa sensor ini dirancang sebagai sensor pemantau sudut kemiringan daripada motor tersebut ( kanan – kiri kendaraan ).

Dikatakan sebagai sensor sudut kemiringan kendaraan bukan berarti cuma memantau posisi kemiringan suatu kendaraan saja, melainkan dengan hasil pantauan dari sudut kemiringan yang disampaikan oleh lean anglesensor tersebut maka yangnamanya ECU ( otak dari sistem FI ) harapannya tau bagaimana posisi kendaraan tersebut, dalam artian apakah kendaraan tersebut berdiri normal atau kendaraan tersebut miring dalam kondisi diam lebih dari 60° ( motor dalam posisi terjatuh ).  Dengan demikin harapannya kalau motor miring berlebihan ( motor terjatuh ) maka secara otomatis motor akan dimatikan dengan mempengaruhi kinerja daripada sistem fuel Injeksinya . Nah dengan demikian dapat diartikan bahwa lean angle sensor adalah salah satu sensor pengaman terutama ketikan saat motor yang kita kendarai tidak berdiri secara normal ( motor kita kondisi terjatuh ). biar ngak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika motor terjatuh terus mesin masih menyala,terus ada bensin netes,terus…………………………………………… doooooooor…………..hemmmmmmm ngak bayangin deng kangbro.

instagram cicakkreatip.com moladin

Gambar

banyak pengguna motor v-ixion yang tanya pada kangbro, bahwa motornya kalau habis terjatuh pasti sulit atau ngak bisa dihidupkan. Di stater pakai kick stster ngak nyala…Memakai dobel stater ( electric stater ) ngak nyala juga …. Sampai kaki kemeng dan jempol tangan gepeng tetep ngak bisa nyala. hemmmmm……..( ampun deh ). Terpaksa nyari bengkel resmi Yamaha yang terdekat. Nah dari pertanyaan konsumen tersebut nih kangbro kasih jawabannya biar bro dan sis semua pada ngerti…. :

Gambar

Mungkin ada beberapa brosis yang merasa kesulitan dalam menghidupkan motor-nya ketika sensor ini bekerja ( motor yang dikendarain terjatuh ). Ngak usah panik dan emosi soalnya emosi malah bikin ngak karuan……Bukan berarti motor-nya sampeyan rusak, tetapi untuk menyalakannya cukup mudah kok ngak butuh alat alat khusus ( jika kita tau ). Yang perlu kita lakukan cukup mainin  yang namanya kunci kontak ( main switch ) dengan cara yang pertama kita posisikan kunci kontak pada posisi OFF setelah itu kita ON-kan kunci kontak….. coba kangbro stater pasti nyala…. ( nah simple toh ). Istilahnya kita Cuma disuruh matiin kunci kontak terus di ON kan lagi kunci kontaknya supaya bisa merifresh sistem injeksinya ( monggo dicubi….. ).

Nah jadi secara gampangnya itulah penjelasan  mengenai lean angle sensor yang terdapat pada yamaha V-ixion. Jadi bersyukurlah bagi yang punya motor v-ixion soalnya motor ini sudah dilengkapi dengan sensor pengaman tersebut. Oh iya untuk sensor ini kangbro lihat bukan hanya terpasang pada motor v-ixion tipe konvensional saja… melainkan v-ixion keluaran baru ( NVL ) juga terpasang dengan peran fungsi yang sama, tetapi dengan wujud dan posisi lean angle yang berbeda.

sekian penjelasan dari kangbro, Mungkin ada yang merasa kurang detail penjelasan persi kangbro ini, monggo ditanyaken…..kangbro usahakan akan menjawab sesuai dengan apa yang kangbro ketahui. atau mungkin ada yang mau nambahin nih penjelasan dari kangbro monggo.

Salam……Cicakkreatip.com    😀

70 Komentar

  1. sepeda motor semuanya kalau terjatuh itu pasti mati. kalau gak percaya coba buktikan sendiri sepeda motor lho pakai yang kenceng setelah itu tabrakin deh ke trotoar. atau lho aja yang loncat dari sepeda kalau gak mati sepedax ya pasti orangnya. (upsszz ngeri yach) maaf gan bercanda haha…
    tp q serius semua speda motor klw terjatuh pasti mati (dilihat dari keadaanya) 1.ketika jatuh tdk sengaja kuncikontakx off,
    2. ketika jatuh bensinnya habis.bisajadikan
    3.ketika jatuh tdk sengaja tekan tombol cut switch off,
    4.ketika jatuh selang vacum/ selang bensin terlepas

  2. satu lagi bro las di ov bisa buat pengaman motor saat di parkiran, tinggal pasang kebalik aja posisi up nya jadi ke bawah, tara motor ga bisa di starter, cara aman tanpa biaya hehe

  3. Betul banget, ninjaku pernah ambruk kalau langsung dihidupin gak mau hidup, begitu kunci kontak di-off terus di-on kan lagi pencet starter langsung hidup. Kalau honda Spacy Fi sepertinya gak ada sensor kemiringan, pernah jatuh mesin nyala terus.

  4. honda supra x saya yang pgm fi juga kayak gitu. pas jatuh langsung mati. nah, kunci kontak di restart lgsg bisa nyala lagi. mungkin semua motor injeksi yg manual atau kopling udah kayak gitu.

  5. Kang, ane pake motor New honda Mega Pro FI nie yg baru. itu ada Bank Angel Sensor yg sama guna nya dgn lean angel sensor.
    nah pertanyaan my, klo hand grip ny di ganti pengaruh ga ke sensor ny.!? soal ny bosen lihat hand grip yg hitam.
    terima kasih. mohon komen ny ya.

  6. maaf gan Kunci kontak yang dimaksud kunci yang didepan yang biasa buat nyalakan ya ? ato ada kontak dibawah jok krn kebetulan motor vixionnya baru jatuh dinaikin anak2 setelah itu ndak bisa nyala lagi dipencet starternya….kalo dioffkan kemudian diON kan lagi kunci kontak yang bagian depan sdh berkali2 tapi belum bisa (ato caranya ane ada yg salah he heeee) please help gan krn baru beli vixion ni he heee. thanks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*