yamaha jatim yamaha jatim

Gambar

Temen temen semua… seiring perjalanan hidup kang Majid dalam menelusuri dunia otomotif, motor sekarang banyak perubahannya ya, terutama pada teknologi yang dianutnya. Dulunya kita lihat bahwa motor dalam mencampur bahan bakar (BBM) menggunakan sistem yang kita sebut karburator, tetapi akhir akhir ini kebanyakan motor sudah menggunakan sistem injeksi untuk pengaturan bahan bakarnya. Dari sinilah terasa lucunya, mungkin tahap move on nih 😀 Peralihan teknologi karburator ke teknologi Fuel Injeksi kadang membuat kang Majid sedikit tersenyum 😀 Kenapa? beberapa temen temen mengatakan Injeksi itu masih ada karburatornya. Lucu bukan hehehe 😀

Jadi ceritanya kemaren (27/7/13) pas kang Majid lagi duduk manis jaga teknologi center di salah satu pameran, kebetulan ada engine cutting motor injeksi yang di pampang. Lah ada salah satu konsumen mengeluarkan kata (ceplos) yang ditunjukkan kepada kang Majid, katanya gini “Mas motor injeksi kok ada karburatornya…? Lansung biru deh muka kang Majid hehehe. Dalam pikiran kang Majid hemmmmmm…sudah ku duga, konsumen awam ini harus dijelasin mengenai injeksi, biar ngak salah faham 😀 Menindak lanjutin hal tersebut maka disini kang Majid punya inisiatif untuk pampang penjelasan singkat mengenai hal tersebut supaya semuanya ngak salah kapra.

moladin

Gambar

Gambar

Temen temen, sebenarnya bahan bakar tidak hanya disuplay atau dikontrol oleh karburator saja, tetapi asupan  bakar bakar  yang menuju ke ruang bakar atau silinder juga bisa dikontrol oleh yang namanya Throttle body. Pada dasarnya  Throttle body  mempunyai fungsi seperti karburator, throttle body adalah satu bagian dari air intake sistem yakni suatu komponen yang mengontrol udara yang masuk menuju ruang bakar, dengan harapan udara yang masuk bisa sesuai dengan respon gas saat dibetot pengendara. Throttle body biasanya diletakkan di tengah tengah  filter udara dan intake manifold.

Tentang Throttle Body

Throttle Body bisa dianalogikan sebagai karburator, namun throttle body lebih mengacu ke mesin yang menganut  sistem injeksi. Sedangkan kalau  karbu cenderung digunakan pada mesin tipe  konvensional biasa, jadi secara perbedaannya hanyalah  soal sistem saja. Yang dimana throttle body adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai pengatur masuknya udara yang akan disuplay menuju ke ruang bakar atau silinder,  sedangkan untuk masalah bahan bakarnya  akan disuplay oleh yang namanya komponen injector. Selain mengatur udara yang masuk, didalam perangkat throttle body ini juga sebagai tempat bertenggernya berbagai sensor yang akan mendukung kinerja sistem injeksi tersebut.

Gambar

Tentang Karburator

Untuk karburator bisa kita bilang fungsinya adalah menggabungkan penerapan fungsi dari Throttle Body dan injector kedalam satu part (satu unit komponen), dimana udara dan bahan bakar yang akan disuplay kedalam ruang bakar akan di takar dan di campur langsung didalam unit karburator tersebut (Tanpa ada perangkat injector untuk suplay bahan bakar). Untuk sistem karburator cenderung tidak terdapat komponen sensor, tetapi ada juga sebagian yang memakai beberapa sensor di karburator, contohnya karburator Yamaha Jupiter MX terdapat throttle position sensor (sensor sudut throttle).

Okey… Bagaimana temen temen semua, sudah faham kan? Sekian dulu ya penjelasan dari kang Majid…. Mudah mudahan penjelasan ini bisa di mengerti dengan mudah dan tentunya bisa bermanfaat. Kalau ada yang mau share artikel ini silahkan silahkan, bebas… dan jika ada yang mau sharing tentang injeksi silahkan juga, lansung lewat kolom komentar dibawah ini ya, insya Allah kalau ada waktu untuk menjawab pertanyaannya lansung di jawab kang Majid. (cicakkreatip)

BAGIKAN

42 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here