pentingnya menggunakan pelumas rantai khusus ( bukan oli bekas alias tap tapan )

yamaha jatim yamaha jatim

GambarBrosis meskipun sudah dibahas beberapa kali mengenai komponen motor yakni rantai kali ini masbro akan mencoba mengulas kembali,sekedar mengingatkan brosis semua pengguna kendaraan bermotor roda dua ( non matic ), soalnya mengingat bahwa rantai/chain pada motor adalah komponen yang sangat penting   yang  selain fungsinya menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang rantai ini juga sangat berpengaruh sama larinya sikendaraan kita.

Merawat rantai kendaraan secara ruti sangatlah penting Karena mengingat akan fungsinya sebagai penyalur tenaga mesin ke roda belakang. Tetapi jika anda salah dalam melakuka perawatannya,maka akan dapat mengurangi kemampuan atau malah dapat merusak komponen dari rantai tersebut dan tentu saja ini akan sangat berbahaya untuk perjalanan anda.

GambarPada umumnya hal yang paling sering dilakukan oleh para orang – orang adalah melumasi rantainya menggunakan oli bekas ( bekas oli mesin 😉 ). Padahal kalau kita amati penggunaan oli bekas sebagai pelumas rantai justru akan mengundang debu debu untuk nempel pada rantai kita dan juga malah mempercepat tingkat keausan rantai kita soalnya kalau kita lihat hasil dari bekas oli mesin ( tap tapan :)oli mesin ) didalamnya banyak  terkandung gram gram hasil gesekan part dalam mesin,terutama logam halus yang dihasilkan dari gesekan gesekan komponen mesin. Hal inilah yang dapat  mempercepat keausan pada gear atau rantai dan hal ini juga yang sangat berpengaruh terhadap pendeknya masa pemakaian atau umur daripada rantai motor tersebut.

instagram cicakkreatip.com moladin

GambarOleh karena itu  disarankan agar kita semua menggunakan pelumas khusus yang emang dirancang khusus untuk melumasi rantai motor. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keausan rantai dan gir karena adanya gesekan, Selain itu pemberian pelumas dapat membuat umur rantai lebih panjang.

Nah sekilas saja mengenai rantai, semoga bisa mengingatkan masbro sekalian terhadap perawatan rantai kendaraannya,,,,, 🙂

Gambar🙂 🙂 🙂  beli beli om 🙂  🙂 🙂

14 Komentar

  1. knpa yamaha tdk mluncur kn pelumas khusus rantai ymh?sdangkan d gambar ini ada tapi di bengkel resmi atau di lapangan belum ada.dan mngapa mas rantai/chain mtor skrg dan sperpak sekarag ini kok cepat bnar mlor dan konsumen di lapangan banyak mengeluh hal ini mas.tanggapan dari yamaha sendiri seperti apa ini?

  2. Oli bekas bisa dijadikan pelumas rantai kalau sudah disuling. cara mendaurulang oli bekas jadi pelumas rantai atau bahan bakar dengan kaleng biskuit bisa di baca di profesorcilik.wordpress.com

  3. Buang² duit pakai chainlube khusus

    Sekaleng kecil harganya bisa 30’an ribu, bahkan ada yg 100an ribu, udah bisa beli oli mesin.

    Itu juga seminggu, kadang ga nyampe, udah kering lagi rantainya.

    Logis gak oli mesin yang melumasi mesin, kopling, transmisi dsb, harganya hampir sama dengan oli rantai yg cuma melumasi rantai?

    Pakai oli gearbox mobil/motor
    Olesi saat panas (setelah mengendarai motor)
    Diamkan semalaman bila perlu
    Paginya lap sisa² oli yang berlebihan dengan kain.
    Beres.

    Motor bebek/batangan biasa pakai chainlube.. Beuh.

1 Trackback / Pingback

  1. API Service pada Spek Oli… wajib dimengerti sebelum menerapkan Oli pada motor kita…!! | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*