jump to navigation

Cara Menyetel Celah Klep Yamaha Jupiter Z1 June 7, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor, Uncategorized.
trackback

Gambar

Selam Otomotif,,,

Bro sis kali ini ABM akan berbagi sedikit mengenai servis motor , terutama masalah seting klep ato valve, brow sis anda sekalian tau kan mengenai motor Yamaha Jupiter Z1, yupp Jupiter Z1 adalah motor bebek Yamaha yang basic mesinnya tertanam teknologi Fuel Injection (FI).

Disini yang ane bahas bukan Injeksinya bro tetapi masalah seting klep / valve soalnya disini kalau kita lihat untuk motor Yamaha Jupiter Z1 itu tampilan mesinnya terutama tempat kita seting klep/valvenya sedikit berbeda dengan bebek bebek Yamaha pada umumnya.

Lansung saja bro sis kita mulai belajar seting klep/valve Jupiter Z1 capcus ,,,,,,,

Sebelum kita setel katup yang perlu kita perhatikan adalah masalah temperature mesin,,,sekedar masukan bagi bro sis semua lebih baiknya kita setel klep pada saat mesin dalam keadaan dingin soalnya pabrikan Yamaha sendiri juga merekomendasikan  untuk standart penyetelan klep itu kondisi mesin pada saat dingin, tau kenapa bro sis, Yups,,,,yang pertama kalau kita setel katup kondisi mesin panas pastinya tangan kita bakal gosong alias hangus karena kepanasan hehehe,,,, terus yang kedua ketika kita stel klep dalamkondisi mesin dingin komponen dari klep tidak terjadi pemuaian alias ngembang,,,,,kayak kue aja ngembang hehehehe, sehingga hasil stelan yang kita terapkan di motor akan lebih pas sesuai dengan standart pabrikan.

Ok bro untuk stel klep Jupiter Z1 langkah pertama adalah kita wajib membuka penutup tappet (cap cylinder head) seperti gambar dibawah ini  :

Gambar

 

Langkah kedua adalah kita buka penutup timing & O – ring  seperti dibawah ini :   

Gambar

Setelah cap terbuka dan penutup timing & O – ring sudah di buka langkah selanjutnya adalah kita topkan posisi piston pada posisi TMA ( titik mati atas ) dengan cara :

 1. Putar poros engkol berlawanan jarum jam.  

Gambar                                                                      

 2. Pada saat Piston mencapai TMA (Kompresi), tanda “I” huruf “a” pada camshaft sprocket     segaris  dengan garis pada plat pengunci “b” .    

Gambar

3. Tepatkan tanda garis “c” pada generator rotor dengan pointer “d” yang terdapat pada   penutupcrankcase.                                                                                                                         

Gambar

Setelsh melakukan hal diatas jangan diubah dulu stelannya tapi ukur dulu kelonggarannya kalau ukuran di luar spesifikasi baru kita sete ulang,tetapi kalau masih standart lebih baik ngak usah distel biar gak buang buang waktu brow hehehehe.

Standart celah klep Jupiter Z1 :

Gambar

Setelah di cek kelonggaran klepnya dan hasilnya diluar standard pabrik maka lakukan penyetelan dengan cara sbg :

a. Kendorkan mur pengunci   klep .  

b. Masukkan thickness gauge/fuler gauge (alat  pengukur celah ) di antara ujung baut penyetel dan ujung batang klep.                                                                                                

c. Putar baut penyetel ke kanan / ke kiri hingga didapat spesifikasi yang sesuai                                                

d.Tahan putaran baut penyetel dan kencangkan mur pengunci sesuai dengan torsi spesifikasi pengencangan ( 7 Nm / 0.7 m.Kg)                                    

e. Periksa kembali kelonggaran Klep .                                                                                       

f. Jika kelonggaran Klep tidak sesuai dengan spesifikasi, ulangi kembali tahap penyetelan kelonggaran klep.

Udah selesai tahap stel klep kita, terakhir pasang semua komponen komponen yang kita lepas tadi dan coba jalan motornya,,,,,,

Bro sis itu saja informasi dari ABM mengenai stel klep Yamaha Jupiter Z1,semoga informasi ini bisa bermanfaat buat bro sis sekalian ,,,,

Maturnuwon…….

Comments»

1. adi - June 10, 2013

oye infonya ckup membantu. !

2. cicakdindingkreatip - June 10, 2013

sippp ,,,,,,terus gabung brow

3. James - August 7, 2013

Bagaimana cara memutar poros engkol ? Dgn menggunakan starter kaki ?

cicakdindingkreatip - August 7, 2013

kalau ngak punya alat std. yang digunaken oleh deler resmi, maka salah satu alternatifnya bisa kita lakukan dengan menggunakan stater kick, dengan membuka lubang pengintai tanda top setelah itu kick stater di sela sedikit demi sedikit sampai ketemu top-nya,,,

tq

4. Qurupeco - October 27, 2013

oke gn

cicak kreatip.com - October 27, 2013

:D

5. akbar - April 28, 2014

brow motor jupe z1 gw baru tapi kok kayak ada bunyi klep, itu wajar atau masalah…

cicak kreatip.com - April 28, 2014

bunyinya kalau dibandingkan sama jupe z1 lainnya sama atau tidak bro?

Bikers YZR-Z1 - October 14, 2014

@Akbar
Ada yg bilang, itu suara rocker arm nya (pelatuk klep). Biasanya muncul suara gitu kalau Z1 lagi nanjak.

@Mas Abdul Majid.
Nice share mas :D

Titip :
http://yzrz1.wordpress.com/2014/10/12/tips-penggunaan-yamalube-carbon-cleaner-kali-kedua-memakai-ycc/

6. zul - December 31, 2014

please bantu juga dong bro gmn cara stel klep suzuki smash titan, ..


tulis komentar anda dibawah ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34,672 other followers

%d bloggers like this: